Home » Advertorial » Diskominfo Kukar » Program BKKD dan Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan di Kukar

Program BKKD dan Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan di Kukar

Sabtu,16 Maret 2024 11:20WIB

Bagikan : Array
Kepala DPMD Kukar, Arianto. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Program Bantuan Khusus Kepada Desa (BKKD) yang dirancang untuk memperkuat layanan kesehatan di desa-desa di Kukar menghadapi tantangan dalam pemenuhan tenaga medis.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, menyampaikan bahwa meskipun ada kebijakan yang mengharuskan penempatan satu bidan dan satu perawat di setiap desa, masih banyak desa yang belum terpenuhi kebutuhannya.

Arianto menekankan bahwa pemenuhan tenaga medis merupakan salah satu indikator penting dalam indeks ketahanan sosial desa. Namun, kendala dalam rekrutmen tenaga medis baru menjadi penghalang utama dalam realisasi kebijakan tersebut.

“Kami telah mengalokasikan anggaran untuk insentif, tetapi hingga saat ini, belum ada tenaga medis yang bersedia untuk ditempatkan di desa-desa yang membutuhkan,” ungkap Arianto, Jumat (15/3/2024).

Kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar akan dilakukan untuk mengatasi masalah ini, termasuk menetapkan desa mana saja yang belum memiliki bidan dan perawat melalui Puskesmas.

Situasi ini menunjukkan bahwa masih ada kekosongan tenaga medis di beberapa desa, baik karena tidak tersedianya SDM di daerah setempat maupun karena tenaga medis dari luar daerah belum berani untuk ditempatkan di desa-desa tersebut.

Arianto menyebutkan, pembayaran honorarium insentif kepada tenaga medis yang bersedia akan dilakukan melalui perangkat desa.

“Di beberapa desa masih ada kekosongan tenaga medis, baik karena tidak tersedianya SDM di daerah setempat maupun tenaga medis dari luar yang belum berani untuk ke situ,” pungkas Arianto.

Program BKKD diharapkan dapat terus berjalan dan mencapai tujuannya untuk memperkuat ketahanan sosial desa dengan pemenuhan tenaga medis yang cukup.

Pemkab Kukar terus berupaya mencari solusi untuk mengatasi masalah ini dan memastikan setiap desa memiliki akses ke layanan kesehatan yang layak. (Adv/ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK