Home » Daerah » Fida Hurasani: Damkar Bukan Sekadar Pemadam Api

Fida Hurasani: Damkar Bukan Sekadar Pemadam Api

Jumat,2 Februari 2024 07:22WIB

Bagikan :
Kadis Damkarmat Kukar Fida Hurasani. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kukar, Fida Hurasani, mengungkapkan bahwa tugas damkar tidak hanya memadamkan api, tetapi juga menangani berbagai situasi yang membahayakan nyawa dan harta benda.

“Kami tidak hanya menangani kebakaran, tetapi juga bencana alam, kecelakaan lalu lintas, hewan liar, dan lain-lain. Kami siap membantu masyarakat dalam segala kondisi,” kata Fida saat ditemui di kantor Disdamkarmat Kukar, Rabu (31/1/2024).

Fida menuturkan bahwa seorang anggota damkar harus memiliki kemampuan dan mental yang baik dalam melakukan penyelamatan. Pasalnya, mereka sering berhadapan dengan situasi yang berisiko tinggi dan menuntut kecepatan dan ketepatan.

“Kami harus siap mengorbankan nyawa kami demi menyelamatkan nyawa orang lain. Kami harus memiliki jiwa ksatria dan tidak mudah menyerah,” ucap Fida.

Salah satu contoh yang ia berikan adalah kasus percobaan bunuh diri yang terjadi di tower dekat Stadion Rondong Demang beberapa waktu lalu.

Fida mengatakan bahwa pihaknya berhasil menurunkan korban yang berniat melompat dari ketinggian dengan cara berkomunikasi secara persuasif.

“Kami harus bisa menenangkan korban dan meyakinkan bahwa hidup masih berharga. Kami harus bisa membangun kepercayaan dan empati dengan korban,” jelas Fida.

Fida menambahkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana penyelamatan.

Ia mengatakan bahwa Bupati Kukar telah memberikan imbauan dan dukungan penuh untuk melengkapi kebutuhan damkar.

“Kami akan mencoba mengadakan  peralatan canggih seperti balon safety, jaring, dan mobil tangga. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan peralatan lain yang dibutuhkan,” tutur Fida.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan dalam mencegah dan mengatasi kebakaran dan bencana lainnya.

Ia mengajak masyarakat untuk selalu waspada, berhati-hati, dan menghubungi nomor darurat damkar jika ada kejadian.

“Kami sudah menyosialisasikan dua nomor darurat damkar. Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan nomor-nomor tersebut dengan baik,” pungkas Fida. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK