Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Barliang Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT ke-78 RI di Muara Kaman

Barliang Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT ke-78 RI di Muara Kaman

Kamis,17 Agustus 2023 06:52WIB

Bagikan : Array
Proses Pengibaran Bendera Merah Putih di Muara Kaman. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Camara Muara Kaman, Barliang memimpin upacara pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Monumen Pahlawan Nasional Muso bin Salim, Kecamatan Muara Kaman Kukar, Kamis (17/8/2023).

Sebanyak 30 siswa-siswi dari SMA N 1 Muara Kaman menjadi anggota Paskibraka dalam upacara tersebut.

Ketua Purna Paskibraka Kecamatan (PPK) Ahmad Yusni menyebutkan, sebelum melaksanakan pengibaran bendera, 30 anggota Paskibraka dari berbagai Desa di Kecamatan Muara Kaman itu telah mengikuti seleksi dan latihan selama dua Minggu.

Anggota Paskibraka, kata Yusni dilatih oleh pelatih dari Koramil Muara Kaman, Polsek Muara Kaman dan PPK Muara Kaman.

“Ini perintah dari ibu camat, untuk dilakukan seleksi kemarin. Habis itu langsung turun latihan dari tanggal 3 Agustus kemarin,” ucap Yusni.

Selain melaksanakan upacara pengibaran bendera, jajaran pemerintah dan masyarakat Muara Kaman juga melaksanakan upacara ziarah di depan Makam Pahlawan Muso bin Salim.

Kata dia, sebagai daerah yang memiliki pahlawan nasional kemerdekaan, Muara Kaman dalam beberapa tahun terakhir dijadikan tempat untuk melaksanakan upacara hari pahlawan 10 November oleh Pemkab Kukar.

“Setiap tahun kami selalu melakukan ziarah ke makam pahlawan Muso bin Salim saat peringatan HUT RI dan hari pahlawan nasional 10 November,” terangnya.

Yusni berharap, melalui upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun dapat dijadikan momentum pengingat dan semangat dalam membangun negeri oleh pemuda dan masyarakat di Muara Kaman

Momentum peringatan tersebut juga sebagai langkah untuk membangkitkan semangat dalam membangun negeri seperti yang diperjuangan oleh para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan dari penjajah.

“Termasuk pahlawan Muso bin Salim. pahlawan asal Muara Kaman yang turut berjuang dalam merebut kemerdekaan melawan penjajah,” pungkasnya. (mt/rh)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK