Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Komitmen terhadap Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu Kukar Buat Aplikasi Berbasis Android

Komitmen terhadap Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu Kukar Buat Aplikasi Berbasis Android

Selasa,10 Mei 2022 01:47WIB

Bagikan : Array

Kukar, sintesanews.id – Pada 25 April lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutai Kartanegara (Kukar) membuat Aplikasi pelayanan informasi publik berbasis android dengan nama PPIDD Bawaslu Kutai Kartanegara.

Salah satu tugas Bawaslu adalah memberikan informasi seputar kepemiluan kepada publik. Karena itu, keterbukaan informasi publik adalah prioritas kerja Bawaslu Kukar.

Sebagai bentuk komitmen atas hal itu, Rusmini yang merupakan Plt Kepala Kesekretariatan Bawaslu Kukar, membuat layanan informasi publik bernama PPID Bawaslu Kukar.

“Aplikasi berbasis android ini dibuat guna mempermudah masyarakat untuk mengetahui informasi seputar kepemiluan melalui Bawaslu Kukar secara resmi,” katanya.

Ia menjelaskan, keterbukaan dapat menghindarkan potensi pelaporan/pengaduan/sengketa ke Komisi Informasi, DKPP, ORI, dan lembaga lainnya, serta membangun kepercayaan publik dengan cara menunjukkan integritas dan akuntabilitas melalui keterbukaan.

“Keterbukaan akan mempermudah Bawaslu Kukar dalam melakukan fungsi pelayanan informasi dan koordinasi, baik di internal maupun eksternal. Keterbukaan juga akan meningkatkan partisipasi publik untuk melakukan pengawasan Pilkada/Pemilu. Serta Keterbukaan akan mendukung pencapaian visi-misi Bawaslu,” terangnya.

Kata dia, platform aplikasi pelayanan berbasis android ini akan mempermudahkan masyarakat yang berada di pelosok Kukar untuk mendapatkan informasi seputar kepemiluan.

“Tentunya aplikasi ini juga mengefisienkan kinerja kesekretariatan,” tambahnya.

Diketahui, cara penggunaan aplikasi ini, pertama-tama mengunduh aplikasi PPID Bawaslu Kukar di Play Store. Kemudian menginstal aplikasi. Lalu, Anda akan masuk di halaman utama. Pilih kolom sesuai dengan informasi yang diperlukan.

Apabila pada aplikasi android ditemukan masalah, Anda juga bisa mengakses informasi seputar Bawaslu pada website PPID Bawaslu Kukar dengan mengklik ppidbawaslukukar.go.id. (*)

Penulis: Halimatu

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK