Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Kemenag Kukar Dukung Pesparawi Provinsi Kaltim

Kemenag Kukar Dukung Pesparawi Provinsi Kaltim

Minggu,12 November 2023 01:10WIB

Bagikan : Array
Kepala Kantor Kemenag Kukar, H.Nasrun saat Memberikan Sambutan di Acara Pelepasan Kontingen Pesparawi Kukar Ke Samarinda. (Sintesa News/Indirwan)

SINTESANEWS.ID – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar, H. Nasrun, hadir dan memberikan sambutan dalam acara pelepasan kontingen Kukar untuk mengikuti Pesparawi Kaltim di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Sabtu (11/11/2023).

Nasrun mengatakan bahwa Kukar memiliki wilayah yang luas sehingga cukup sulit untuk berkoordinasi, berbeda dengan Balikpapan dan Samarinda yang secara lokasi lebih mudah.

“Kalau dibanding Balikpapan, Samarinda, mereka secara lokasi lebih mudah koordinasinya,” ujarnya.

Nasrun menjelaskan bahwa serupa dengan kegiatan Pesparawi saat ini, Kukar sedang menyelenggarakan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang merupakan ajang kompetisi menghafal dan membaca Al-Qur’an bagi umat Muslim.

“Saat ini di Muslim sedang ada yang namanya MTQ. Mirip-mirip dengan Pesparawi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam MTQ ada perlombaan menghafal Al-Qur’an dan sudah banyak anak-anak yang menghafalkannya. Ia juga berharap nantinya anak-anak umat Kristen mampu menghafalkan kitab sucinya.

“Saya harap suatu saat banyak anak-anak yang menghafalkan sesuai yang diharapkan,” harapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Al-Qur’an memiliki 30 juz dan setiap juz terdiri dari 10 lembar bolak-balik. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa dalam MTQ ada lomba cerdas cermat dan ia menginginkan umat Kristen juga memiliki kegiatan serupa karena dengan adanya kegiatan seperti ini mampu meningkatkan kualitas spiritual dan pemahaman mengenai perbedaan.

“Setelah kegiatan ini harapannya anak-anak kita punya pemahaman yang moderat, artinya terbiasa dengan perbedaan,” harapnya.

Nasrun membeberkan rahasia Kukar dapat menjuarai lomba MTQ tingkat provinsi 6 kali berturut-turut, yaitu dengan mempersiapkan peserta dengan matang, terus memakai peserta tersebut di tahun depan dan tahun berikutnya sehingga kemampuannya semakin terasah.

“Peserta yang dikirim adalah peserta tahun lalu. Mereka inilah yang digembleng, digodok, dan ditingkatkan kemampuannya,” bebernya.

Nasrun mengharapkan setelah kegiatan ini kualitas ibadah umat Kristen meningkat, khususnya para peserta Pesparawi.

“Kami ingin rajin latihan dipraktikkan juga rajin ibadahnya,” harapnya. (Indirwan)

 

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK