Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Wakil Rakyat Ini Sarankan Pemprov Lakukan Operasi Pasar di Kaltim

Wakil Rakyat Ini Sarankan Pemprov Lakukan Operasi Pasar di Kaltim

Minggu,6 November 2022 10:56WIB

Bagikan :
Anggota DPRD Kaltim, Salehuddin. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Operasi pasar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sangat diperlukan di tengah penurunan daya beli masyarakat akibat kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

Kenaikan harga tersebut tidak terlepas dari gejolak perekonomian dunia, yang ditandai dengan inflasi dan resesi di sejumlah negara yang berpengaruh secara langsung terhadap perekonomian Kaltim.

Anggota DPRD Kaltim Salehuddin menjelaskan bahwa operasi pasar juga sangat diperlukan di Kaltim karena terdapat perbedaan harga antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya.

Ia mencontohkan harga kebutuhan pokok di Kecamatan Tenggarong dengan Tabang dan Kembang Janggut. Biaya transportasi yang tinggi untuk pengangkutan kebutuhan masyarakat ke Tabang dan Kembang Janggut mengakibatkan harganya jauh lebih tinggi dibandingkan di Tenggarong.

“Kalau misalnya terjadi kerusakan jalan, itu akan berpengaruh terhadap angka kemahalan sembako,” jelas Saleh kepada awak media di Tenggarong pada Sabtu (5/11/2022).

Perbedaan harga kebutuhan pokok yang sangat tinggi tersebut, sambung dia, harus dipantau dan dikontrol oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan Kaltim dan Dinas Perdagangan Kukar.

“Supaya apa? Supaya daya beli masyarakat terpelihara. Kalau daya beli masyarakat terpelihara, otomatis kebutuhan pangannya itu bisa terjamin,” ujarnya.

Sebaliknya, jika kebutuhan pangan masyarakat tidak terjamin karena inflasi yang sangat tinggi, maka pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terganggu.

Hal ini akan menimbulkan akibat yang lebih besar, yakni masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan sandang dan pangan mereka.

Akibat selanjutnya, masyarakat akan mudah terserang penyakit, khususnya keluarga-keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Anak-anak mereka akan berpotensi terserang stunting.

Politisi Golkar ini pun berharap kepada Pemprov Kaltim menangani masalah ini secara bertahap melalui operasi pasar. Kegiatan operasi pasar, menurut dia, harus dilaksanakan di semua kabupaten/kota di Bumi Mulawarman.

“Supaya fluktuasi inflasi dan deflasi itu bisa terjaga dengan cara diintervensi oleh pemerintah,” pungkasnya. (adv/mb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK