Home » Daerah » Penajam Paser Utara » Pemerintah Pusat Diminta Dukung PPU sebagai Penyangga Pangan IKN

Pemerintah Pusat Diminta Dukung PPU sebagai Penyangga Pangan IKN

Senin,26 Februari 2024 05:32WIB

Bagikan : Array
Ketua Komisi II DPRD PPU, Wakidi. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diharapkan menjadi penyangga utama kebutuhan pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN). Namun, agar peran ini tidak sekadar menjadi slogan, diperlukan dukungan nyata dari pemerintah pusat.

Ketua Komisi II DPRD PPU, Wakidi, menekankan pentingnya keberpihakan pemerintah pusat dalam mengembangkan sektor pangan di PPU.

Mengingat posisi PPU yang strategis sebagai wilayah terdekat dengan IKN, perhatian khusus terhadap peningkatan produksi pangan sangat diperlukan.

“Kami sudah sampaikan aspirasi kepada Kementerian Pertanian, semoga saja pemerintah pusat bisa memberikan perhatian lebih kepada PPU,” ujar Wakidi, Senin (26/2/2024).

Untuk mewujudkan peran PPU sebagai penyangga pangan, Wakidi mendorong pemerintah daerah untuk lebih proaktif dalam mengajukan berbagai program pertanian kepada Kementerian Pertanian.

Program-program tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi pangan di PPU.

“Kami minta Kementerian Pertanian berikan kebijakan khusus pemenuhan infrastruktur irigasi dan lainnya untuk peningkatan produksi pertanian,” jelasnya.

Wakidi berharap Kementerian Pertanian dapat mengalokasikan anggaran khusus untuk peningkatan produksi pertanian di PPU, yang kini dijuluki Kabupaten Serambi Nusantara.

Dukungan tersebut diharapkan dapat mencakup pembangunan infrastruktur pertanian, seperti irigasi, yang esensial untuk meningkatkan produktivitas pertanian di PPU.

Dengan adanya dukungan dan kebijakan khusus dari pemerintah pusat, PPU diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan IKN secara efektif dan berkelanjutan.

Ini tidak hanya akan mengukuhkan peran PPU sebagai penyangga pangan, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan petani dan perekonomian lokal secara keseluruhan.

Langkah proaktif dari pemerintah daerah dan dukungan dari Kementerian Pertanian diharapkan bisa membawa perubahan signifikan, menjadikan PPU sebagai lumbung pangan yang handal bagi IKN, sekaligus meningkatkan ketahanan pangan nasional. (Adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK