Home » Olahraga » Zahra Muzdalifah: Tak Normal Perempuan Main Bola di Indonesia

Zahra Muzdalifah: Tak Normal Perempuan Main Bola di Indonesia

Selasa,18 Januari 2022 06:22WIB

Bagikan :
Zahra Muzdalifah jadi andalan Timnas Putri di Piala Asia Wanita 2022. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia — Winger Timnas Putri Indonesia Zahra Muzdalifah yang akan jadi andalan tim Srikandi Garuda di Piala Asia Wanita 2022 bercerita perjuangan menjadi atlet sepak bola profesional di Indonesia.

Zahra dalam wawancara dengan situs resmi AFC mengaku tidak mudah bagi seorang perempuan untuk menjadi pemain sepak bola di Indonesia. Masalah utamanya adalah tidak ada wadah yang konsisten bagi pesepakbola wanita.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemain yang akrab disapa Zahmuz itu bermain di tim laki-laki demi meningkatkan kemampuan.

“Sebenarnya, tidak normal bagi perempuan untuk bermain sepak bola di Indonesia, tapi saya berbeda. Saya satu-satunya perempuan yang bermain sepak bola di tim kami, dan saya selalu melawan laki-laki,” ucap Zahmuz kepada situs resmi AFC.

Perjuangan Zahra untuk menjadi pemain sepak bola tidak mudah. Pemain Persija Putri itu mengaku sering diremehkan.

“Orang-orang melihat saya dan selalu meremehkan, tapi saya melakukan apa yang saya suka, jadi saya tidak peduli apa kata orang lain. Saya hanya menjalani. Sepak bola adalah hasrat saya, dan berkat Tuhan, keluarga saya mendukung. Semuanya berjalan lancar hingga saat ini dan saya fokus ke karier sepak bola,” ucap Zahra.

Berkat dukungan keluarga, Zahra tidak kenal lelah mengejar impian menjadi pesepakbola profesional. Pemain 20 tahun itu sukses membuktikan perempuan juga bisa bermain sepak bola di Indonesia.

“Saya terbiasa bermain di klub bersama pemain laki-laki, dan kami pernah tampil pada turnamen di Norwegia, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan kami menang. Kami menang empat kali di turnamen internasional,” ucap Zahra.

“Karena itu banyak media yang menghampiri saya, karena saya satu-satunya perempuan. Semua orang bilang, ‘Oh ada perempuan di tim laki-laki’, dan orang-orang di Indonesia kini tahu bukan hanya laki-laki yang bisa bermain sepak bola, tapi juga perempuan,” ujar Zahra.

Zahra dan skuad Timnas Putri tergabung di Grup B Piala Asia Wanita 2022 bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Laga pertama Indonesia akan menghadapi Australia pada Jumat (21/1).

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK