Home » Pendidikan » Kampus » UKM Pusma Unikarta Sukses Selenggarakan Lomba Debat Antar Fakultas

UKM Pusma Unikarta Sukses Selenggarakan Lomba Debat Antar Fakultas

Selasa,6 Februari 2024 12:59WIB

Bagikan : Array
Para juara beserta juri dan sejumlah panitia debat Pusma Unikarta Sintesa News/Ir).

SINTESANEWS.ID – Sebagai salah satu UKM yang bergerak di bidang akademik, Pusat Studi Mahasiswa (Pusma) Unikarta berhasil menyelenggarakan lomba debat antar fakultas.

Lomba perdana yang diadakan oleh UKM Pusma Unikarta ini mengangkat tema Peran Aktif Generasi Muda Dalam Menentukan Masa Depan Melalui Pemilu 2024.

Lomba ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 3 hingga 5 Februari 2024, di Ruang Rektorat Unikarta.

Lomba ini diikuti oleh delapan tim yang mewakili masing-masing fakultas di Unikarta.

Tim-tim tersebut saling beradu argumentasi dan gagasan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan Pemilu 2024.

Dalam lomba ini, tim Fakultas Hukum angkatan 2022 berhasil meraih juara pertama, setelah mengalahkan tim Pendidikan Bahasa Inggris Unikarta di babak final.

Tim Fakultas Hukum angkatan 2022  berhasil menunjukkan kemampuan berdebat yang baik, dengan argumentasi yang kuat, logis, dan kritis.

Zulkarnain, salah satu anggota tim Fakultas Hukum 2022 mengaku senang dan bangga dengan prestasi yang diraihnya.

Ia mengatakan bahwa ini adalah lomba debat pertamanya, sehingga merasa tertantang untuk menghadapi pesaing-pesaing yang sudah berpengalaman.

Mahasiswa asal Bima Nusa Tenggara Barat tersebut mengapresiasi kegiatan ini sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dan bakat mahasiswa.

“Kami mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, mulai dari materi, strategi, hingga mental. Kami juga banyak belajar dari tim-tim lain yang juga hebat-hebat. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami bisa mengeluarkan ide dan gagasan kami di depan publik, dan juga mendapatkan masukan dan kritik yang membangun,” ujar Zulkarnain, Selasa (6/2/2024).

Sementara itu, Ketua UKM Pusma Unikarta melalui Sekretarisnya, Danil, mengatakan bahwa lomba debat ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Pusma Fest, yang juga meliputi bazar.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan Pusma, dan dapat ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

“Kami ingin membuat kegiatan ini lebih besar dan meriah lagi, dengan melibatkan lebih banyak peserta, baik dari dalam maupun luar kampus. Kami juga ingin meningkatkan kualitas materi, juri, dan fasilitas yang kami sediakan. Kami berterima kasih kepada pihak kampus, Ibu Hetifah, Dinas-dinas dan Setia Group yang telah mensponsori kegiatan ini,” tutur Danil. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK