Home » Politik » Nasional » Daftar Enam Fraksi yang Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

Daftar Enam Fraksi yang Dukung Perpanjangan Masa Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

Jumat,23 Juni 2023 08:37WIB

Bagikan :
Anggota Baleg dari Fraksi PKB, Ibnu Multazam. (Humas DPR RI)

SINTESANEWS.ID – Sebanyak enam Fraksi DPR menyetujui masa perpanjangan jabatan Kepala Desa (Kades) yang semula enam tahun dalam tiga periode menjadi sembilan tahun dalam dua periode.

Mereka antara lain dari Fraksi Golkar, PDIP, PKB, Gerindra, PKS, dan PPP. Sementara tiga fraksi lainnya, yakni Nasdem, Demokrat, dan PAN belum menyatakan sikap.

Ketiga fraksi tersebut absen dalam rapat Panitia Kerja (Panja) yang membahas soal revisi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Badan Legislasi DPR, Kamis (22/6/2023).

Anggota Baleg dari Fraksi PKB Ibnu Multazam mengusulkan perubahan masa jabatan Kades ini berlaku surut jika telah diputuskan alias langsung berlaku.

“Lebih tegas lagi, saya mengusulkan berlaku surut,” kata Ibnu.

Senada, anggota Baleg dari Fraksi PKS Muzammil Yusuf juga mengusulkan agar revisi UU Kades bisa langsung berlaku. Jadi, Kades yang saat ini tengah menjabat bisa langsung ditambah masa jabatan.

“UU ini kita ketok, kita berlakukan. Jadi, transisi gampang. Jadi berlaku surut dia. Dia sudah enam tahun tambah tiga tahun. Jelas kita,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Baleg dari Fraksi PDIP, Andreas Eddy Susetyo mendukung perpanjangan masa jabatan Kades yang diatur dalam Pasal 39 UU Desa.

Menurutnya, wacana tersebut telah sesuai dengan rekomendasi hasil Rakernas partainya beberapa waktu lalu.

“Itu sudah keputusan Rakernas. Dalam keputusan Rakernas, memang kita, memang kita diminta untuk memperjuangkan revisi UU Desa ini dari enam tahun tiga kali jadi sembilan tahun dua periode,” katanya.

Meski telah disepakati mayoritas fraksi DPR, poin kesepakatan itu belum resmi berlaku. Pengambilan sikap resmi akan disampaikan dalam rapat pleno dan paripurna selanjutnya.

Sebelumnya, politikus PDIP Budiman Sudjatmiko mengklaim Presiden Joko Widodo telah menyetujui perpanjangan masa jabatan Kades dari enam menjadi sembilan tahun.

“Bicara banyak hal selama kurang lebih satu jam. Termasuk soal perubahan masa jabatan kepala desa dan anggaran untuk SDM desa. Karena selama ini dana desa fokus ke infrastruktur desa. Nah, itu Pak Jokowi setuju. Bisa lewat revisi UU desa atau dituangkan dalam PP,” ujar Budiman. (*)

Sumber: CNN Indonesia

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK