Home » Politik » Rekapitulasi Suara Pemilu Kukar: Proses Berjalan Lancar

Rekapitulasi Suara Pemilu Kukar: Proses Berjalan Lancar

Rabu,6 Maret 2024 01:52WIB

Bagikan : Array
Foto: Suasana rapat rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten Kukar. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, telah rampung pada Selasa (5/3/2024).

Ketua KPU Kukar, Purnomo, menyatakan bahwa tidak ada kendala yang berarti selama proses rekapitulasi yang dimulai sejak tanggal 2 Maret.

Pelaksanaan rekapitulasi berlangsung kondusif dengan para saksi mendapatkan salinan hasil yang diberikan langsung oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwas).

“Teman-teman tinggal melakukan kroscek apakah ada perubahan atau tidak. Kalau misalnya ada perubahan baik dari Panwas maupun para saksi akan langsung disampaikan,” jelas Purnomo.

Purnomo menambahkan bahwa problem kecil yang cukup sering muncul adalah kesalahan input terhadap hasil penghitungan suara. Namun, pihaknya segera melakukan perbaikan yang disaksikan oleh seluruh pihak yang hadir.

“Karena ini memang hasil dari suara rakyat, jadi betul-betul kita amankan apapun hasil keputusan rapat pleno,” ucap Purnomo.

Selama rekapitulasi, sempat ditemukan suara caleg yang tertukar, namun partai politik yang bersangkutan segera melakukan interupsi dan perbaikan dilakukan.

Meskipun terdapat beberapa saksi dari partai Nasdem, Demokrat, dan PBB yang enggan menandatangani hasil rekapitulasi, KPU tetap melakukan penetapan hasil pleno untuk dibawa ke tahap selanjutnya.

“Alhamdulillah semua sudah aman tinggal menunggu proses selanjutnya,” tutup Purnomo. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK