Home » Advertorial » Punya Ragam Program Unggulan, Pemerintah Kelurahan Maluhu Dapat Apresiasi dari Pemkab Kukar

Punya Ragam Program Unggulan, Pemerintah Kelurahan Maluhu Dapat Apresiasi dari Pemkab Kukar

Jumat,6 Oktober 2023 06:58WIB

Bagikan : Array
Lurah Maluhu, Tri Kuncoro. (Sintesa News/Lita)

SINTESANEWS.ID – Pada tahun 2023, Pemerintah Kelurahan Maluhu mempunyai banyak program, di antaranya di bidang seni budaya, pendidikan, sosial, lingkungan, hingga peduli disabilitas.

Lurah Maluhu, Tri Kuncoro menjelaskan, program-program tersebut telah memberikan dampak positif kepada warga Maluhu.

Program pembangunan fisik dan non-fisik, lanjut dia, sudah berjalan dengan baik pada tahun 2023.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kukar Edi Damansyah. “Karena mendukung banyak program seperti seni budaya, pertanian, hingga kesehatan,” jelasnya, Kamis (5/10/2023).

Atas dedikasi kepada masyarakat lewat program-program tersebut, Tri mengungkapkan, Maluhu menjadi kelurahan percontohan karena memiliki lingkungan yang bersih, asri, dan nyaman.

“Kami menjadi tolok ukur sebagai kelurahan percontohan dan untuk warga juga menjalin gotong royong. Semangat berkegiatan di sini sangat tinggi,” bebernya.

Sejumlah kegiatan di Maluhu pada tahun 2023 juga disebutnya mendapatkan banyak apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Tenggarong dan Pemkab Kukar.

Tri menyebutkan, Maluhu memiliki ciri khas tersendiri di Kecamatan Tenggarong. Pasalnya, kelurahan tersebut merupakan wilayah yang dihuni oleh sebagian warga yang berprofesi sebagai petani.

“Selain pertanian juga kami ada kesenian budaya seperti gamelan dan wayang kulit. Kalau untuk pendidikan kita orientasi Pojok Baca di RT 4,” ungkapnya.

Dalam menjalankan program di Maluhu, Tri melakukan peninjauan langsung ke lapangan, pembinaan RT, dan kegiatan pelatihan.

“Kami membina sangat serius. Ada kendala di lapangan, saya terjun langsung. Seperti lomba kebersihan dari Kecamatan Tenggarong, kami harus menjaga budaya gotong royong, kelola bank sampah, hingga kerapian tata kelola taman,” terangnya.

Dalam rangka mewujudkan visi Maluhu yang disingkat ADEM (Aman, Damai, Enak, dan Mandiri), pihaknya membangun inovasi di bidang pertanian dengan cara menanam tanaman obat keluarga.

“Taman toga kami lombakan di 17 Agustus tempo lalu dengan tujuan untuk mengoptimalkan cara bertani, memanfaatkan lahan kosong setiap RT, dan memandirikan warga,” jelasnya. (adv/lt/fb)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK