Home » Pendidikan » Kampus » Mahasiswa Faperta Unikarta Pamer Kreativitas di Bazar Produk Hand Made

Mahasiswa Faperta Unikarta Pamer Kreativitas di Bazar Produk Hand Made

Senin,18 Desember 2023 08:47WIB

Bagikan : Array
Bazar Lorong Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Sintesa News/In)

SINTESANEWS.ID – Sebagai wujud pengembangan jiwa kewirausahaan dan kreativitas, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Faperta Unikarta) menggelar bazar produk hand made di Halaman Kampus Unikarta, Senin (17/12/2023).

Bazar ini diikuti oleh 52 peserta yang menampilkan berbagai produk olahan tangan, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, hingga fashion.

Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu bentuk implementasi visi dan misi universitas.

Ia berharap mahasiswa Faperta Unikarta tidak hanya memiliki karakter yang baik, tetapi juga jiwa enterpreneur yang tangguh.

“Kita ingin melahirkan lulusan yang tidak hanya pintar secara akademik, tetapi juga mampu berinovasi dan bersaing di dunia kerja. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengasah kemampuan mereka dalam mengembangkan ide dan mengelola bisnis,” kata Ince.

Sementara itu, Dekan Faperta Unikarta, Sundari menjelaskan bahwa bazar ini merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (Prokema) yang telah berjalan sejak 2014.

Prokema adalah acara tahunan yang bertujuan untuk menstimulasi potensi mahasiswa Faperta dalam berbagai bidang.

“Selain bazar, kami juga mengadakan fashion show yang menampilkan hasil karya mahasiswa dari mata kuliah Botani. Mereka menggunakan teknik ekoprint untuk membuat pakaian dari bahan alami. Ini adalah salah satu contoh kreativitas yang kami dorong di Faperta,” ujar Sundari.

Sundari menambahkan bahwa Prokema sempat terhenti karena pandemi Covid-19, dan baru bisa dilanjutkan pada tahun ini.

Ia mengakui masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, karena banyak mahasiswa yang baru pertama kali terlibat.

“Kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar Prokema bisa lebih baik lagi di masa depan. Kami juga berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi masyarakat,” tutup Sundari.

Penulis : Indirwan

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI