Home » Advertorial » Sutikno: Stok Pangan di Kukar Masih Stabil untuk Antisipasi Gagal Panen

Sutikno: Stok Pangan di Kukar Masih Stabil untuk Antisipasi Gagal Panen

Rabu,11 Oktober 2023 02:14WIB

Bagikan :
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar, Sutikno.(Sintesa News/Arif)

SINTESANEWS.ID – Fenomena El Nino atau musim kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir dinilai tidak terlalu berdampak terhadap gagal panen para petani yang ada di Kukar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar, Sutikno mengatakan, gagal panen terutama tanaman padi sawah yang dialami oleh petani di beberapa wilayah di Kukar terjadi karena keterlambatanan penanaman.

Selain itu, ia mengatakan, gagal panen juga terjadi karena keterbatasan alat mesin pertanian di beberapa kelompok tani.

“Gagal panen di beberapa wilayah Kukar itu hanya beberapa persen saja dan itu bukan karena fenomena El Nino tapi hanya karena keterlambatan dalam penanaman,” jelas Sutikno, Selasa (10/10/2023).

Kata dia, Pemkab Kukar saat ini masih memiliki cadangan pangan yang dapat disalurkan ke masyarakat terdampak untuk menjaga kestabilan stok pangan.

Sutikno membeberkan, cadangan pangan Pemkab Kukar yang disalurkan ke masyarakat belum sampai 30 persen. Atas dasar itu ia meyakini ketersediaan pangan di Kukar masih cukup stabil.

“Cadangan pangan kita masih cukup untuk mengatasi kelangkaan maupun gagal panen. Namun kita juga berharap agar fenomena El Nino atau musim kemarau ini segera berakhir,” pungkasnya. (adv/rh)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK