Home » Daerah » Kutai Kartanegara » DPMD Kukar Rencanakan Pembangunan Kawasan Perdesaan di 6 Titik

DPMD Kukar Rencanakan Pembangunan Kawasan Perdesaan di 6 Titik

Sabtu,16 Desember 2023 10:15WIB

Bagikan : Array
Konsultasi Publik Pembangunan Kawasan Pedesaan di Kukar (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar merencanakan untuk membangun kawasan perdesaan di enam titik di wilayahnya.

Kawasan perdesaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengembangkan potensi sumber daya alam, dan melestarikan budaya lokal.

Kepala DPMD Kukar, Arianto mengatakan bahwa pembangunan kawasan perdesaan akan dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan kawasan perdesaan akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

“Kami telah menetapkan enam titik yang akan menjadi target pembangunan kawasan perdesaan. Ini adalah Desa Jembayan Tengah, Loh Sumber, Sumber Sari, Ponoragan, Sepakat dan Rempanga di Kecamatan Jembayan Tengah; Desa Manunggal Jaya, Sumber Sari, Panca Jaya, Sido Mukti, Separi Makmur dan Bunga Jadi di Kecamatan Sebulu; Desa Embalut, Bangun Rejo, Manunggal Jaya, Karang Tunggal, Bukit Raya, Tanjung Batu dan Waluku di Kecamatan Tenggarong Seberang; Desa Kerta Buana, Buana Jaya, Bukit Pariaman, Suka Maju dan Separi. Desa Perangat Baru, Makarti, Perangat Selatan, Bunga Putih dan Sambera Baru di Kecamatan Marangkayu,” ujar Arianto saat diwawancarai di Hotel Grand Elty Tenggarong pada Rabu (13/12/2023).

Arianto menambahkan, pembangunan kawasan perdesaan akan dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti infrastruktur jalan raya dan listrik,fasilitas pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pelestarian lingkungan hidup, serta pengembangan pariwisata berbasis budaya.

“Kami berharap bahwa pembangunan kawasan perdesaan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekaligus meningkatkan daya saing daerah. Kami juga mengharapkan kerja sama dari semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan pembangunan ini,” tutup Arianto.

Penulis ; Indirwan

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK