Home » Politik » Tumbuk Caleg, Cara Generasi Z dan Milenial Samarinda Mengenal Visi-Misi Para Calon Legislatif

Tumbuk Caleg, Cara Generasi Z dan Milenial Samarinda Mengenal Visi-Misi Para Calon Legislatif

Minggu,11 Februari 2024 09:41WIB

Bagikan : Array
Suasana acara Tumbuk Caleg yang diselenggarakan Bubuhan Muda Pembuka Peradaban Samarinda. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Sebagai bagian dari generasi penerus bangsa, anak-anak muda di Kota Samarinda tidak mau ketinggalan dalam mengikuti perkembangan politik di tanah air.

Mereka pun menggelar acara ‘Tumbuk Caleg’, sebuah forum diskusi yang menghadirkan para calon legislatif (Caleg) yang akan bertarung di Pemilu 2024.

Acara yang digagas oleh Bubuhan Muda Pembuka Peradaban Samarinda ini bertujuan untuk memberikan ruang dialog antara generasi muda dan para caleg, sekaligus menguji pemahaman dan gagasan mereka tentang berbagai isu strategis yang berkaitan dengan Kota Samarinda.

“Kami ingin mengetahui visi-misi dan program kerja dari para caleg muda ini, apakah sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi kami sebagai generasi muda. Kami juga ingin menantang mereka untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di kota ini,” kata Safran Achmad, Ketua Panitia Tumbuk Caleg.

Menurut Safran, acara ini juga merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari isu-isu nasional yang seringkali menimbulkan perpecahan, seperti Pilpres 2024, ke isu-isu lokal yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari.

“Kami ingin mendorong partisipasi politik generasi muda di tingkat lokal, karena kami percaya bahwa perubahan yang signifikan harus dimulai dari bawah. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk lebih kritis dan selektif dalam memilih para wakil rakyat yang akan mewakili suara kami di DPRD,” ujarnya.

Acara Tumbuk Caleg dihadiri oleh sejumlah anak muda generasi milenial dari berbagai komunitas dan organisasi pemuda di Kota Samarinda.

Mereka antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan tajam kepada para Caleg yang hadir, yang berasal dari lima partai politik berbeda, yaitu Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, PDIP, dan PKS.

Para Caleg pun berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan sebaik-baiknya, sekaligus menyampaikan visi-misi dan program kerja mereka jika terpilih menjadi anggota DPRD. Mereka juga menyatakan apresiasi dan dukungan kepada acara ini, yang dianggap sebagai bentuk keterlibatan generasi muda dalam politik.

Lima Caleg tersebut di antaranya, Endy Satrio Jatmoko yakni Caleg DPRD Kota Samarinda Dapil 4 dari Partai Buruh, Taufan Marselinus, Caleg DPRD Kota Samarinda Dapil 5 dari Partai Solidaritas Indonesia, Faradila Melanie, Caleg DPRD Kota Samarinda Dapil 2 dari Partai Demokrat, Romadhony Putra Pratama, Caleg DPRD Kota Samarinda Dapil 1 dari PDIP dan Hajar Aswad, Caleg DPRD Kota Samarinda Dapil 4 dari PKS.

Peserta acara, yang mayoritas merupakan generasi Z dan kaum milenial di Kota Tepian, tidak ragu untuk mengajukan pertanyaan kritis kepada para calon legislator tersebut. Anak-anak muda sebagai pelopor berkomitmen bersama-sama mengawal jalannya pemilihan umum dengan jujur, adil, damai, dan transparan. Agar demokrasi di bangsa ini berjalan dengan sehormat-hormatnya dan memberikan hasil terbaik. (ar)

 

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK