Home » Advertorial » Pemkab Kukar Bakal Bangun Pabrik Pakan Ikan di Loa Kulu

Pemkab Kukar Bakal Bangun Pabrik Pakan Ikan di Loa Kulu

Kamis,12 Oktober 2023 05:01WIB

Bagikan : Array
Kabid Perindustrian Disperindag Kukar, Arbain. (Sintesa News/Arif)

SINTESANEWS.ID – Pemkab Kukar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bakal membangun pabrik pakan ikan di Loa Kulu pada tahun 2024.

Rencana pembangunan tersebut sudah melalui kajian yang melibatkan beberapa akademisi kampus serta Badan Riset dan Inovasi Daerah.

Kabid Perindustrian Disperindag Kukar, Arbain menyebutkan, pembangunan tersebut bertujuan untuk menekan mahalnya harga pakan yang dinilai memberatkan para pembudidaya ikan.

“Di Loa Kulu ini banyak pembudidaya ikan, jadi pabrik ini kita bangun untuk menekan harga pakan di pasaran yang masih mahal,” kata Arbain, pada Rabu (11/10/2023).

Kata dia, Loa Kulu merupakan wilayah yang strategis untuk mendistribusikan pakan. Alasannya selain masyarakatnya banyak bergelut sebagai pembudidaya atau petani ikan, wilayah minapolitan itu juga memudahkan akses bagi petani daerah hulu ketimbang ke Samarinda.

Ia berharap, setelah pembangunan pabrik ini para pembudidaya ikan di Kukar dapat menikmati atau membeli pakan dengan harga yang relatif standar.

“Karena pembudidaya ini banyak di Loa Kulu, Tenggarong, Tenggarong Seberang dan wilayah hulu. Dengan adanya pabrik mudah-mudahan kita bisa menyaingi pakan ikan yang ada di pasaran. Karena kalau mengangkut pakan dari Samarinda membutuhkan biaya, sementara kalau dikirim dari Loa Kulu itu lebih murah,” pungkasnya. (adv/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI