Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Bupati Kukar Puji Kinerja OPD di Tengah Kendala APBD 2023

Bupati Kukar Puji Kinerja OPD di Tengah Kendala APBD 2023

Kamis,4 Januari 2024 06:45WIB

Bagikan : Array
Bupati Kukar, Edi Damansyah (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Bupati Kukar, Edi Damansyah, memberikan apresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bekerja keras selama setahun penuh di tengah kendala administratif. Ia mengatakan bahwa kinerja OPD cukup baik dalam merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Hal ini disampaikan Edi dalam acara Ngapeh Hambat dalam Rangka Evaluasi Pelaksanaan APBD 2023 dan Persiapan APBD tahun 2024 di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Selasa (2/1/2024).

Edi berpesan kepada seluruh OPD dan jajaran Pemkab Kukar untuk mengutamakan integritas dan nilai-nilai kebaikan. Ia juga berharap agar OPD dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga kita termasuk orang-orang yang tergolong lebih baik lagi seperti pesan Ustadz Sukoco kalau tausiah di masjid belakang,” ujar Edi dengan canda.

Edi mengakui bahwa kondisi keuangan daerah tidak normal karena adanya ketidaksesuaian antara tambahan pembagian keuangan dengan realisasi yang menjadi hak pihaknya setelah ditetapkan APBD murni 2023.

“Saat itu pak Sukoco gelisah, Bapak ini kita terima atau kita tahan dulu nanti kita minta realisasinya kemudian saya sampaikan kalau kita minta realisasinya kemudian kita terima saja mas apa pun resikonya, jadi memang kondisinya tidak normal,” ungkap Edi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Edi menyarankan agar OPD dapat mengoptimalkan penggunaan APBD perubahan karena situasinya tidak normal antara waktu anggaran perubahan dengan jumlah kegiatan yang harus dilaksanakan.

“Memang kalau kita berhitung matematikanya tidak rasional karena jumlah waktu dengan jumlah kegiatan sangat jauh tapi alhamdulillah sudah mencapai 81 persen,” kata Edi.

Edi menambahkan bahwa walaupun dalam kondisi yang tidak normal, pihaknya bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik berkat adanya tim pendampingan yang terus mendongkrak kinerja para OPD. Ia juga berjanji akan menyelesaikan beberapa data yang tidak sesuai dengan OPD terkait.

“Maksud saya sih kita berangkat dari kelemahan ini kita perbaiki saya pantau terus kondisi ini, saya apresiasi semangat kerja kita semoga problem yang muncul ke depannya bisa diselesaikan,” tutup Edi.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK