Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Diarpus Kukar Gelar Lomba Kepustakaan dan Peningkatan Literasi Masyarakat

Diarpus Kukar Gelar Lomba Kepustakaan dan Peningkatan Literasi Masyarakat

Kamis,14 Desember 2023 07:49WIB

Bagikan : Array
Kepala Diarpus Kukar, Aji Lina Rodiah Menyerahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar menggelar lomba Kepustakaan dan peningkatan Literasi Masyarakat tingkat Kabupaten 2023 di Pendopo Odah Etam pada Selasa (12/12/2023)

Kepala Diarpus Kukar Aji Lina Rodiah mengatakan lomba tersebut merupakan Follow Up pemberian penghargaan untuk duta baca pelajar dan pemilihan penggiat literasi serta penulis buku. Tujuannya adalah untuk mendorong budaya baca dan peningkatan literasi masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu program pembinaan perpustakaan pada semua jenis dan jenjang perpustakaan yang ada di Kukar.

“Kami ingin mengembangkan perpustakaan sebagai sarana pendidikan, informasi, dan hiburan bagi masyarakat” kata Rodiah.

Rodiah menambahkan bahwa ada beberapa kategori yang dilombakan se-Kukar, yaitu lomba bertutur tingkat SD dan MI, lomba perpustakaan sekolah tingkat SD dan MI, Lomba SMP dan MTs, lomba perpustakaan SMA/Sederajat, lomba perpustakaan Desa dan Kelurahan, lomba penulisan Lisensi Guru elektronik dan koleksi perpustakaan digital tingkat SMA/Sederajat, dan lomba pembuatan konten kreatif sosial media dan instagram dengan tema Kukar Gemar Membaca untuk Generasi Idaman” untuk umum.

Selain tujuh lomba tersebut, Diarpus juga memberikan apresiasi kepada para peserta melalui bidang pengembangan perpustakaan dan kebudayaan kegemaran membaca.

Apresiasi tersebut diberikan di kategori pertama kepada sekolah-sekolah yang telah memberikan totalitas dan kerjasama dalam memberikan pendampingan dan pembinaan perpustakaan sampai terakreditasi.

Apresiasi tersebut diberikan di kategori kedua kepada ASN dan non ASN yang telah loyalitas kinerja dan kontribusi dalam penggunaan dan layanan di bidang perpustakaan.

“Harapan kami, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan kategori lomba yang lebih banyak lagi” tutup Rodiah.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK