Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Rendi Solihin Berangkatkan Puluhan Jemaah ke Haul Guru Sekumpul

Rendi Solihin Berangkatkan Puluhan Jemaah ke Haul Guru Sekumpul

Sabtu,13 Januari 2024 12:16WIB

Bagikan :
Puluhan Jemaah Yang diberangkatkan Ke Martapura, Kalimantan Selatan (Istimewa).

SINTESANEWS.ID – Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, fasilitasi keberangkatan puluhan jemaah asal Kukar yang akan menghadiri Haul ke-19 Guru Sekumpul di Martapura, Kalimantan Selatan. Rendi mengatakan, ini adalah agenda rutin yang dilakukannya setiap tahun.

“Ya, ini sudah menjadi agenda rutin saya, selain saya sendiri berangkat, pada kesempatan ini juga kami sediakan puluhan kendaraan untuk warga Kukar,” kata Rendi, Jumat (12/1/2024).

Rendi menyediakan akomodasi berupa bus dan mobil untuk memudahkan perjalanan jemaah asal Kukar. Menurutnya, banyak warga Kukar yang ingin mengikuti Haul Guru Sekumpul, namun terkendala biaya.

“Alhamdulillah, rombongan asal Kukar sudah berangkat sejak Jumat (12/1), dan diperkirakan akan tiba di lokasi pada Sabtu (13/1),” ujar Rendi.

Rendi berharap, seluruh jemaah diberikan kesehatan dan keselamatan, baik berangkat maupun pulang nanti. Ia juga berencana untuk mengulangi kegiatan ini pada tahun depan dengan jumlah jemaah yang lebih banyak.

“Dan Insyaallah tahun depan kita berangkatkan lagi dengan jumlah yang lebih besar,” tandasnya.

Haul Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang memperingati hari wafatnya KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari, ulama kharismatik asal Banjar. Haul ini diadakan setiap 5 Rajab dan berlangsung beberapa hari.

Setiap tahunnya, jutaan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara hadir untuk mengikuti Haul Guru Sekumpul. Lautan manusia meluas hingga belasan kilometer dari titik sentral pelaksanaan.

Adapun jadwal resmi Haul ke-19 Guru Sekumpul yaitu untuk umum pada Ahad malam, 14 Januari 2024 atau 2 Rajab 1445 Hijriah di Musholla Arraudhah Sekumpul. Untuk undangan khusus dilangsungkan pada Rabu, 17 Januari 2024 atau 5 Rajab 1445 Hijriah di kediaman Almarhum Abah Guru Sekumpul. Kemudian ada tambahan haul pada Ahad malam, 21 Januari 2024 atau 9 Rajab 1445 Hijriah di Musholla Arraudhah Sekumpul.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK