Home » Daerah » Samarinda » Workshop Tentang Kita Garapan BKKBN Kaltim, Ikhtiar Lahirkan Generasi Berencana

Workshop Tentang Kita Garapan BKKBN Kaltim, Ikhtiar Lahirkan Generasi Berencana

Minggu,3 April 2022 06:46WIB

Bagikan :

Samarinda, sintesanews.id – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Kalimantan Timur (BKKBN Kaltim) mengadakan Workshop Tentang Kita di Samarinda pada 30 Maret-1 April 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari 10 kabupaten/kota di Kaltim. Jumlahnya 61 orang. Mereka berasal dari Forum GenRe dan PIK-Remaja.

Sub Koordinator Bina Keluarga Remaja (BKR) Perwakilan BKKBN Kaltim, Ria Arnanti mengungkapkan, kurikulum Tentang Kita ini telah dicanangkan sejak tahun 2016. Kemudian, diadakan kongres yang mengumpulkan para remaja.

Pasalnya, mereka melihat modul-modul sebelumnya dirasa kurang representatif karena remaja-remaja belum bisa memahaminya.

Kemudian, BKKBN berkerja sama dengan Johns Hopkins Center for Communication Program (JHCCP).
Mereka menerbitkan modul segmentatif ini bersama GenRe Indonesia.

“Mereka memisahkan segmentasi usia yang awalnya hanya satu modul. Sekarang sudah disesuaikan dengan usianya dari 10-14 tahun, 15-19 tahun, dan 20-24 tahun,” ucapnya.

Workshop Tentang Kita ini bertujuan melahirkan fasilitator di tingkat kabupaten/kota agar bisa menjadi kepanjangan tangan BKKBN Kaltim untuk menyampaikan program tersebut.

Program Tentang Kita ini isinya mengenai materi-materi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Selain itu, terdapat rencana tindak lanjut. “Jadi, harapannya dilaksanakan workshop yang sama di tingkat kabupaten/kota,” ujarnya.

Ria mengatakan, kegiatan ini didukung oleh BKKBN Kaltim serta fasilitator tingkat nasional dan provinsi.

Harapannya, modul ini bisa tersebar dan tersampaikan ke seluruh remaja di Kaltim, terutama remaja-remaja di PIK Remaja.

“Sehingga dengan terpaparnya modul Tentang Kita ini remaja-remaja bisa menyiapkan kehidupannya agar menjadi generasi berencana,” pungkasnya. (*)

Penulis: Feirman Nour Rahman S.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK