Home » Pendidikan » Kampus » Wakil Rektor III Unikarta Jadi Narasumber di Kegiatan Sosialisasi tentang Pendidikan Pancasila Garapan DPRD Kukar

Wakil Rektor III Unikarta Jadi Narasumber di Kegiatan Sosialisasi tentang Pendidikan Pancasila Garapan DPRD Kukar

Kamis,2 November 2023 08:40WIB

Bagikan : Array
sosialisasi Raperda oleh anggota DPRD Kukar 2019-2024, Ria Handayani bersama Wakil Rektor Tiga, Zen Istiarsono di Unikarta

SINTESANEWS.ID – Wakil Rektor III Unikarta Tenggarong, Zen Istiarsono menjadi narasumber dalam sosialisasi tentang pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh anggota DPRD Kukar, Ria Handayani di Ruang Rapat Rektorat Unikarta, Rabu (1/11/2023)

Dalam pemaparan materinya, Zen mengatakan bahwa salah satu fungsi anggota DPRD adalah legislasi yaitu fungsi untuk membahas, merubah, mengajukan dan mengesahkan undang-undang.

“Anggota DPRD diberikan hak-hak untuk membahas, kemudian merubah mengajukan dan mengesahkan undang-undang ” ujar Zen.

Zein mengatakan bahwa Perda disusun dengan mengacu pada naskah akademik yang dibuat oleh akademisi.

Sosialisasi yang membahas pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan ini disusun karena keberadaannya cukup penting sebagai jaminan bahwa nilai yang terkandung di dalamnya dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Zen mengatakan perkembangan teknologi di satu sisi dinilai membuat rasa nasionalisme anak muda terdegradasi. Pasalnya, anak muda sekarang lebih dominan menghafal lagu dangdut dari pada lagu nasional.

Karena hal itu, sosialisasi pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan menjadi penting untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak muda.

“Pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan bertujuan untuk membentuk karakter bangsa yang memiliki kesadaran atas nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan,” kata Zen.

Zen mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan seperti politik, ekonomi, hukum, sosial dan budaya.

Jika nilai Pancasila dapat diterapkan di berbagai aspek maka Indonesia akan menjadi tentram dan damai.

“Nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme yang akan tertuang dalam Perda akan membangun rasa nasionalisme pada masyarakat,” pungkasnya.(Ir)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI