Home » Advertorial » Diskominfo Kukar » Bupati Edi Damansyah Ajak Kepala Desa di Kukar Manfaatkan Anggaran Desa untuk Tekan Inflasi

Bupati Edi Damansyah Ajak Kepala Desa di Kukar Manfaatkan Anggaran Desa untuk Tekan Inflasi

Selasa,17 Oktober 2023 02:50WIB

Bagikan : Array
Bupati Edi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di acara Gerakan Pangan Murah. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Bupati Kukar Edi Damansyah mengajak seluruh kepala desa di Kukar memanfaatkan anggaran desa dan alokasi dana desa untuk mengendalikan inflasi.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di kegiatan gerakan pangan murah untuk menekan inflasi yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kukar, Senin (16/10/2023).

“Saya minta seluruh kepala desa untuk memanfaatkan anggaran itu dalam menekan dan mengendalikan inflasi di tingkat desa,” ujar Bupati Edi.

Kata dia, ada beberapa langkah yang perlu diambil oleh kepala desa dalam menekan angka inflasi, antara lain, melakukan penghimpunan data harga harian.

Kemudian evaluasi trend atau kecenderungan harga pangan setiap minggu, dan memastikan adanya kemandirian produksi hingga pemasaran pangan.

Hal itu dinilai sebagai upaya atau langkah antisipasi dalam memastikan stabilitas pergerakan harga pangan di desa.

Selain itu, Bupati Edi juga menyarankan agar BUMDes maupun koperasi di desa agar dapat bekerja sama dengan forum Bulog maupun BUMD dan BUMN seperti ID Port sebagai distributor.

Kemudian, Bupati Edi juga mendorong kepala desa untuk mengaktifkan pasar desa atau pasar rakyat. Tujuannya untuk memperluas jaringan dalam pelaksaan operasi pasar.

“Kita juga mengharapkan kepala desa, pengurus BUMDes dan Koperasi untuk bisa lebih aktif dalam mengakses sehingga memastikan cadangan pangan bisa terpenuhi di wilayah masing-masing,” tutupnya. (adv/au)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK