Home » Advertorial » Dispar Kukar Punya Beragam Program Festival, Pelatihan hingga Pembenahan Fasilitas Wisata

Dispar Kukar Punya Beragam Program Festival, Pelatihan hingga Pembenahan Fasilitas Wisata

Rabu,11 Oktober 2023 02:18WIB

Bagikan :
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar M. Ridha Fatrianta. (Sintesa News/Arif)

SINTESANEWS.ID – Dispar Kukar memiliki beberapa program festival, pelatihan hingga pembenahan fasilitas di sejumlah objek wisata melalui APBD Perubahan 2023 ini.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar M. Ridha Fatrianta mengatakan, Oktober  ini pihaknya bakal merenovasi sejumlah fasilitas sanitasi toilet dan jalan di Objek Wisata Pulau Kumala dan Waduk Panji.

“Bulan ini kita akan melakukan renovasi sejumlah fasilitas objek wisata. Tujuannya tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung,” beber Ridha, Selasa (10/10/2023).

Tak hanya perbaikan fasilitas objek wisata, Dispar Kukar juga kata Ridha dalam waktu dekat ini akan mengikuti festival pengembangan Tiga Danau di Danau Semayang yang diselenggarakan oleh Pemprov Kaltim.

Kemudian, untuk meningkatkan SDM, belum lama ini, Dispar Kukar telah mengadakan pelatihan terkait pengelolaan sampah destinasi di Objek Wisata Sungai Kota Bangun.

Pelatihan itu kata Ridha bertujuan untuk mengedukasi dan menyadarkan pengunjung tempat wisata bahwa sampah bukan hanya tanggung jawab Dispar dan pengelola, tetapi juga pengunjung.

“Sampah itu bukan hanya tanggung jawab Dispar namun juga pengelola dan pengunjung. Artinya pengelolaan itu tanggung jawab semua pihak,” tegasnya.

Pelatihan yang diikuti oleh Pokdarwis di sejumlah kecamatan seperti Kota Bangun, Kota Bangun Darat, Kenohan, Kembang Janggut dan Muara Wis itu mendatangkan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kukar sebagai narasumber.

“Kemarin pelatihannya selama empat hari di Objek Wisata Sungai Kota Bangun. Karena di sungai, biasanya kita langsung buang sampah ke sungai. Kita melatih untuk memilah dan mengelola sampah plastik. Karena itu kalau kita kumpulkan punya nilai jual,” pungkasnya. (adv/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK