Home » Daerah » Kutai Kartanegara » BEM Fahum Unikarta Adakan Sekolah Advokasi, Dorong Mahasiswa Jadi Advokat Andal

BEM Fahum Unikarta Adakan Sekolah Advokasi, Dorong Mahasiswa Jadi Advokat Andal

Senin,28 Maret 2022 04:13WIB

Bagikan :

Kukar, sintesanews.id – Sebanyak 20 orang mahasiswa yang berasal dari mahasiswa semester empat hingga delapan mengikuti Sekolah Advokasi yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum (Fahum) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada 24-27 Maret 2022 di Ruangan Kuliah Fahum Unikarta, BEM Fahum menghadirkan pemateri dari praktisi-praktisi hukum, Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), Direktur Mahakam Institut, dan perwakilan media.

Ketua BEM Fahum, Anggit Sastria menjelaskan, kegiatan ini didukung penuh oleh pimpinan Unikarta, Fahum, Pengadilan Agama, Kejaksaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, serta sejumlah perusahaan yang beroperasi di Kukar.

Sekolah Advokasi rutin dilaksanakan setiap tahun oleh BEM Fahum Unikarta. “Selama beberapa tahun terakhir kita selalu melaksanakannya. Jadi, kayak setiap tahun itu harus ada,” jelasnya, Minggu (27/3/2022).

Anggit menyebutkan, kegiatan tersebut bertujuan mengembalikan identitas mahasiswa hukum sesuai dengan disiplin ilmunya.

Sekolah Advokasi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fahum Unikarta karena memberikan pemahaman praktis terkait proses advokasi di masyarakat.

“Prosesnya bagaimana, cara penyelesaian bagaimana, bentuk keadilannya seperti apa, maka cara-cara pembelajarannya itu diajarkan di Sekolah Advokasi. Jadi, outputnya begitu sih,” terangnya.

Ia pun mengakui bahwa saat ini mahasiswa terkesan malas belajar sehingga mengalami kedangkalan pemikiran.

Nilai-nilai intelektual mahasiswa juga semakin berkurang dan tergerus karena beberapa hal, salah satunya pengaruh negatif digitalisasi.

“Ini salah satu upaya kami untuk menggerakkan lagi para mahasiswa, menyadarkan kembali mahasiswa bahwa belajar itu penting,” jelas Anggit.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kutai Kartanegara, Anggit Sastria. (Dok. Sintesa News)

Ia mengatakan, banyak problem di masyarakat yang perlu diadvokasi oleh mahasiswa Fahum Unikarta. Hal ini pula yang mendorong BEM Fahum mengadakan Sekolah Advokasi.

Anggit berharap kegiatan ini bisa memberikan pemahaman bagi mahasiswa Fahum terkait tata cara dan teknik untuk mencapai suatu keadilan.

“Jadi, bisa menembus dan menyelesaikan problematika di masyarakat. Karena selama ini kita cuma liat-liat aja masalah di luar, enggak berani bergerak,” ungkap Anggit. (ma/ln)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK