Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Edi Damansyah Serahkan Sertifikat Tanah ke Warga Maluhu

Edi Damansyah Serahkan Sertifikat Tanah ke Warga Maluhu

Selasa,5 Maret 2024 06:50WIB

Bagikan : Array
FOTO: Momen penyerahan sertifikat tanah oleh Bupati Kukar Edi Damansyah kepada warga Maluhu. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Sebanyak 747 bidang tanah di Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kukar mendapatkan sertifikat dari Bupati Kukar, Edi Damansyah. Penyerahan sertifikat tanah tersebut dilakukan di Sasana Krida Bhakti, Senin (4/3/2024).

Acara penyerahan sertifikat tanah ini dihadiri oleh Forkompinda, Sekda, para asisten, dan beberapa pihak terkait.

Edi Damansyah mengatakan bahwa sertifikat tanah ini merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang bertujuan untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum terhadap hak atas tanah.

“PTSL ini salah satu kuncinya adalah masyarakat atau pemilik tanah yang melengkapi persyaratannya, untuk itu saya mengapresiasi kepada pemilik tanah, Kelurahan, dan tentunya BPN/ATR Kukar sehingga terbit sertifikat yang dibagikan pada kesempatan ini,” ujar Edi.

Edi juga berpesan agar pemilik tanah dapat menjaga dengan baik sertifikat dan tanahnya yang sudah diberi patok serentak.

Ia menambahkan bahwa program PTSL ini juga merupakan dorongan akses ekonomi untuk warga, misalnya dijadikan agunan.

“Jika mendesak silakan dijadikan agunan. Tapi kami Pemkab Kukar memiliki Kredit Kukar Idaman tanpa agunan, ini bisa dimanfaatkan petani, nelayan, dan UMKM,” kata Edi.

Pemkab Kukar sangat mendukung program PTSL ini, dukungan Pemkab Kukar mengenai pensertifikatan tanah tersebut dibuktikan dengan menfasilitasi penyuluhan atau sosialisasi untuk aparat desa, tentang pendaftaran tanah sistematis lengkap, dan juga telah berkomitmen dengan bekerjasama dengan kantor BPN/ATR untuk mendata masyarakat yang memiliki tanah belum bersertifikat.

Berkaitan dengan itu, Edi menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi jajaran BPN/ATR, Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Camat, Lurah, hingga jajaran Ketua RT yang telah bekerja dengan sangat baik dalam melaksanakan program PTSL ini.

“Semoga bidang tanah yang telah selesai disertifikasi akan memberi manfaat yang seluas-luasnya untuk kesejahteraan,” tutur Edi. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK