Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Bupati Kukar Serahkan Bantuan Alat Seni untuk Tingkatkan Ekonomi di Sektor Pariwisata

Bupati Kukar Serahkan Bantuan Alat Seni untuk Tingkatkan Ekonomi di Sektor Pariwisata

Jumat,26 Januari 2024 03:05WIB

Bagikan :
Bupati Kukar, Edi Damansyah Beri Bantuan Alat-alat Kesenian (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Bupati Kukar, Edi Damansyah menyerahkan bantuan alat-alat kesenian kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pemangku adat, serta Kelompok Musik Tradisional dan Modern (Mitraden) Kecamatan Marangkayu, Loa Janan dan Anggana di gedung Serbaguna Kantor Bupati pada Kamis (25/1/2024).

Hal ini merupakan wujud apresiasi Pemkab Kukar atas kontribusi dan kinerja Pokdarwis dalam melaksanakan pengelolaan daya tarik wisata secara mandiri.

Penyerahan bantuan alat seni ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Bantuan tersebut diberikan berdasarkan proposal yang diberikan kepada Pemkab melalui Dinas Pariwisata.

“Ini wujud dukungan pemerintah untuk mendukung kegiatan produktif di sektor pariwisata. Salah satu upaya kita meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucap Edi dalam sambutannya.

Adapun penerima bantuan alat-alat kesenian ini yaitu Pokdarwis Pantai Biru Kresik Kecamatan Marangkayu menerima bantuan berupa banana boat, Pokdarwis Teraat Budaya Dusun Putaq Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan mendapatkan bantuan berupa papan nama home stay, mesin genset, toilet portable jongkok dan duduk, alat musik tradisional, baju adat Dayak Tunjungan Benuaq, tenda glamping dan tenda camping.

Selain Pokdarwis,  Pemangku Adat Kaharingan Dayak Benuaq dan Bentian Kecamatan Loa Janan juga diberikan bantuan berupa alat musik tradisional Belian serta Mitraden Kecamatan Anggana diberikan bantuan berupa peralatan sound sistem.

Pemkab Kukar optimis dengan adanya dukungan peralatan ini maka pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan terus meningkatkan.

“Tentunya hal ini akan berdampak pada kunjungan wisatawan, baik lokal maupun domestik seiring tersedianya perangkat aktraksi wisata yang menopang layanan wisata,” pungkasnya.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK