Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Ego Arifin: Atlet-Atlet Tapak Suci Kaltim sering Wakili Timnas Indonesia di Ajang Internasional

Ego Arifin: Atlet-Atlet Tapak Suci Kaltim sering Wakili Timnas Indonesia di Ajang Internasional

Jumat,7 Juli 2023 01:31WIB

Bagikan : Array
Ketua Pimpinan Wilayah Tapak Suci Kaltim, Ego Arifin. (Sintesa News/Muhammad As'ari)

SINTESANEWS.ID – Ketua Pimpinan Wilayah (Pimwil) Tapak Suci Kaltim Ego Arifin menyampaikan sambutan dalam pembukaan Kejuaraan Wilayah (Kejurwil) Perguruan Silat Tapak Suci Kaltim pada Jumat (7/7/2023) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Ego menjelaskan, Tapak Suci Kaltim merupakan salah satu perguruan Tapak Suci terbaik di Indonesia karena telah melahirkan atlet-atlet nasional.

Kata dia, para atlet yang tergabung dalam Tapak Suci Kaltim kerap mewakili Timnas Indonesia di ajang Sea Games dan Asian Games.

Dari kejuaraan internasional bergengsi tersebut, ujar Ego, atlet-atlet Tapak Suci Kaltim pernah mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Melalui Kejurwil Kaltim tahun 2023, dia menginginkan muncul generasi baru dalam Perguruan Silat Tapak Suci Kaltim.

“Tentunya kemauan kami supaya atlet-atlet yang sudah senior tadi bisa diganti dengan atlet-atlet yang saat ini pemula atau junior,” ujarnya.

Kejurwil Kaltim, sambung Ego, mempertemukan Perguruan Tapak Suci antar kabupaten dan kota se-Kaltim.

Setelah Kejurwil tersebut, pihaknya akan memilih kader-kader terbaik, yang akan dibina secara berkelanjutan. Setelah itu, mereka bisa bergabung di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

“Dari IPSI tentunya akan lebih tinggi lagi. Dari daerah ke nasional maupun internasional,” sebutnya.

Di perguruan Tapak Suci, lanjut dia, terdapat beberapa tingkatan, antara lain pendekar, kader, dan siswa. Pendekar dan kader dibina di Tapak Suci Wilayah Kaltim. Sedangkan siswa dibina oleh kader di kabupaten/kota.

Dalam rangka mengembangkan ilmu Tapak Suci setiap atlet, Pimwil Kaltim mengadakan pelatihan yang menekankan aspek teori dan jurus.

“Nanti akan dikembangkan dan akan diberikan kepada anak-anak siswa. Siswa itu ada di kabupaten/kota. Mereka berlatih dasar jurus. Ada juga jurus dan teknik bertanding dan teknik bermain,” jelasnya.

“Para teman-teman kami yang kader tadi, insyaallah sudah mengetahui apa yang akan diberikan kepada anak-anak supaya bisa lebih berprestasi,” ucapnya. (adv/mt/um)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI