Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Harga Bahan Pokok Alami Kenaikan, Pemkab Kukar Minta Masyarakat Tidak Panik

Harga Bahan Pokok Alami Kenaikan, Pemkab Kukar Minta Masyarakat Tidak Panik

Minggu,25 Februari 2024 11:29WIB

Bagikan : Array
Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) tidak perlu panik meski harga beras di pasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah.

Menurut Sayid, kenaikan harga beras ini merupakan fenomena yang biasa terjadi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), seperti Ramadan dan Idul Fitri.

Kata dia, hal ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran beras di masyarakat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Insyaallah stok beras di Kukar masih aman dan mencukupi,” kata Sayid Jumat (23/2/2024).

Sayid menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi fenomena kenaikan harga beras ini, di antaranya adalah melakukan operasi pasar, bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kukar dan OPD terkait lainnya, serta memanfaatkan instrumen informasi harga yang dimiliki oleh Bapokting di bidang perdagangan.

Ia juga mengungkapkan bahwa tidak hanya beras, beberapa komoditas pangan lainnya juga mengalami kenaikan harga, seperti minyak goreng, daging ayam, dan sayuran.

Namun, ia menilai, kenaikan harga tersebut masih dalam batas kewajaran dan dapat diatasi oleh pemerintah.

“Untuk mengantisipasi lonjakan harga, pemerintah sudah menyiapkan substitusi beras, yaitu beras medium dan beras premium yang disediakan melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan. Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan baik,” tutup Sayid. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI