Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Kukar, Miniatur Indonesia dengan Kekayaan Budaya dan Tantangan Ekonomi

Kukar, Miniatur Indonesia dengan Kekayaan Budaya dan Tantangan Ekonomi

Selasa,7 Mei 2024 03:53WIB

Bagikan : Array
Bupati Edi Damansyah memberikan sambutan di acara silaturahmi peserta Latsitarda 2024 (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengukir prestasi sebagai miniatur Indonesia dengan luas wilayah mencapai sekitar 27 ribu km² yang meliputi 20 Kecamatan, 44 Kelurahan, dan 193 Desa, serta dihuni oleh lebih dari 700 ribu jiwa penduduk.

Kekayaan etnis dan budaya yang beragam di Kukar menjadi sorotan para peneliti, membenarkan julukan Kukar sebagai miniatur Indonesia.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, mengungkapkan hal ini dalam sambutannya saat menjamu peserta Latsitarda Nusantara ke-44 di Halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (6/5/2024).

“Kukar merupakan miniatur Indonesia, karena hampir semua etnis ada di sini,” ujarnya.

Meskipun dikenal dengan keberagaman budaya, kondisi Kukar tetap terjaga kondusif dan rukun, menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakatnya.

Namun, Edi Damansyah juga menyoroti tantangan ekonomi yang dihadapi, terutama terkait ketergantungan pada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak, batu bara, dan gas.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Pemkab Kukar bersama pihak terkait terus melakukan inovasi dalam pengembangan ekonomi, terutama melalui sektor pertanian dan pariwisata.

Bupati Edi berharap program-program yang digulirkan dapat memberdayakan masyarakat Kukar, terutama di masa-masa sulit.

“Melalui pengembangan ekonomi kreatif, kita berharap dapat menjadi kekuatan saat krisis ekonomi melanda,” tutupnya. (Ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK