Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Ratusan Surat Suara di Kukar Rusak, KPU Siapkan Pengganti

Ratusan Surat Suara di Kukar Rusak, KPU Siapkan Pengganti

Rabu,10 Januari 2024 12:34WIB

Bagikan :
Proses Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara (Istimewa).

SINTESANEWS.ID- Ratusan surat suara untuk pemilu 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditemukan rusak saat proses pelipatan. Kerusakan surat suara tersebut melibatkan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota, dan anggota DPD.

Ketua KPU Kukar, Purnomo, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan dan penyortiran terhadap surat suara yang rusak. Ia mengatakan bahwa jumlah surat suara yang rusak sekitar 100 lembar lebih.

“Kita akan rekap dulu sambil menyesuaikan dengan jumlah surat suara yang disortir dan dilipat dengan betul dan juga yang kondisinya baik dan tidak rusak kita cek,” kata Purnomo pada Rabu (10/1/2024).

Purnomo menambahkan bahwa pihaknya akan segera mengajukan permintaan penambahan surat suara ke percetakan provinsi pada minggu ini.

“Akan kami tindak lanjuti agar segera dilakukan penggantian oleh provinsi,” ucapnya.

Selain itu, Purnomo juga menginformasikan bahwa KPU Kukar telah menyiapkan fasilitas dan pendamping bagi para penyandang disabilitas dan tunanetra yang akan berpartisipasi dalam pemilu. Ia mengharapkan bahwa TPS dapat memberikan pelayanan yang baik dan ramah bagi para pemilih.

“Nanti ada pendamping, ada juga alat bantu suara tunanetra. Kalau untuk disabilitas yang lain itu nanti ada persetujuan dari teman-teman pengawas dan juga bagian dari keluarga yang dipercaya,” pungkasnya.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI