Home » Daerah » Samarinda » Pansus DPRD Bahas Pajak dan Retribusi Kendaraan Berpelat Luar Kaltim

Pansus DPRD Bahas Pajak dan Retribusi Kendaraan Berpelat Luar Kaltim

Kamis,23 Maret 2023 04:32WIB

Bagikan :
Ketua Pansus Pajak dan Retribusi DPRD Provinsi Kaltim, Sapto Setyo Pramono. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID  – Pansus Pajak dan Retribusi DPRD Provinsi Kaltim mendorong pendataan kendaraan bermotor hingga kendaraan berat yang beroperasi di Kaltim.

Pendataan ini bertujuan mendorong penarikan retribusi dari kendaraan sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltim.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Pansus, Sapto Setyo Pramono, di Gedung E Lantai I DPRD Kaltim, Senin (20/3/2023).

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut, hadir Kepolisian Daerah Kaltim, Dinas Perhubungan Kaltim, Badan Pendapatan Daerah Kaltim, serta Biro Perekonomian dan Biro Hukum Sekretariat Provinsi Kaltim.

Menurut Sapto, Rapat ini untuk menindaklanjuti Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

UU tersebut mengamanahkan kepada Pemda untuk melakukan penyempurnaan Raperda Pajak dan Retribusi Daerah.

“UU tersebut menjadi landasan Pansus untuk mengetahui data perpajakan, khususnya pajak alat berat dan kendaraan bermotor pelat luar Kaltim, tapi beroperasi di sini,” katanya.

Politisi Golkar tersebut berupaya menggandeng berbagai pihak, khususnya pihak kepolisian, agar dapat mewujudkan pajak dan retribusi daerah dengan baik.

“Harus bekerja keras mengenai pajak ini, apalagi pada kendaraan pelat luar Kaltim yang menjadi perhatian Pansus untuk segera mendapatkan solusi,” ujarnya.

Untuk alat berat, kata dia, pihaknya akan kembali melakukan RDP dengan menghadirkan inspektur tambang, perusahaan suplai alat berat, dan pihak terkait untuk membahas permasalahan tersebut.

“Alat berat yang beroperasi di Kaltim masih banyak pelat dari luar daerah, khususnya banyak beroperasi di perusahaan tambang. Hal seperti ini kemudian yang perlu dirumuskan kembali,” tutup Sapto. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK