Home » Daerah » Samarinda » Gelar Sosbang di Lok Bahu, Ananda Emira Sebut Nilai Pancasila sudah Tertanam di Benak Warga

Gelar Sosbang di Lok Bahu, Ananda Emira Sebut Nilai Pancasila sudah Tertanam di Benak Warga

Senin,23 Januari 2023 11:59WIB

Bagikan :

SINTESANEWS.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur, Ananda Emira Moeis menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Jalan M.Said Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Sabtu (21/1/2023).

Dalam penyampaiannya Ananda Emira Moeis menyebutkan masyarakat Indonesia memiliki semangat gorong royong dan telah mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

“Kita itu kuat karena warga Indonesia sudah melaksanakan nilai Pancasila dalam kehidupan sosial mereka, dengan berbagai macam suku bangsa kita dipertemukan dalam satu wilayah, dan kita tenteram itu juga merupakan nilai dari Pancasila itu sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan tersebut lebih menitikberatkan pada konsep hidup berpancasila, karena Pancasila merupakan nilai dasar bagi warga negara Indonesia dalam bernegara, dan nilai ini telah disusun sedemikian rupa sehingga menjadi representasi dalam bernegara dan berbangsa.

“Saya merasa terhormat datang ke RT 12 Kelurahan Lok Bahu ini karena warganya sangat menjunjung nilai gotong royong dan ini juga kita sekaligus silaturahmi,” tuturnya.

Ananda Emira Moeis yang kerap disapa Nanda ini mengapresiasi nilai gotong royong masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Samarinda yang ke-355 tahun.

Nilai Pancasila juga tergambarkan pada saat ibu-ibu warga sekitar menyiapkan sayuran dan masakan dalam memperingati HUT Kota Samarinda ini

Ia juga mengingatkan bagaimana warga harus selalu memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk senantiasa menjaga harkat dan martabat bangsa serta memupuk rasa cinta terhadap tanah air.

“Kita juga menengok implementasi Pancasila dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam bernegara, mereka senantiasa menjadikan pola hidup berpancasila, sebagai pondasi hidup warga, seperti contoh mempertahankan adat istiadat, gotong royong, saling membantu sesama tetangga, dan bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu hal,” ungkap Ananda.

Keberhasilan negara Indonesia dalam melewati masa sulit Covid-19 juga dinilai sebagai dampak dari nilai-nilai Pancasila yang sudah tertanam dalam benak warganya, sebab masyarakat saling tolong menolong, saling mendoakan dan membantu masyarakat lain yang terkonfirmasi Covid-19.

Dengan Pancasila inilah Indonesia bisa menjadi negara yang beradab. Pada kebiasaan warga Indonesia, walau berbeda suku, agama, dan ras, yang namanya Bhinneka tunggal Ika yang  dijunjung, maka tidak akan jatuh persatuan dan kesatuannya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK