Home » Daerah » Samarinda » Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan, Nidya Listiyono Ingin Mahasiswa Jadi Teladan di Masyarakat

Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan, Nidya Listiyono Ingin Mahasiswa Jadi Teladan di Masyarakat

Rabu,8 Maret 2023 01:37WIB

Bagikan :

SINTESANEWS.ID – Anggota DPRD Kaltim Nidya Listiyono menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) untuk memberikan pemahaman tentang empat konsensus kebangsaan kepada mahasiswa sebagai bekal dalam bermasyarakat dan bernegara.

Sosialisasi ini dianggap sebagai upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada warga negara tentang empat konsensus kebangsaan: Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Empat Konsensus ini disampaikan agar warga negara mampu menjalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Jika nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dijalankan, maka seiring berjalannya waktu Indonesia, khususnya Kaltim, akan damai dan tenteram.

“Yang jelas sebagai wakil rakyat, kita ingin masyarakat dapat menjunjung tinggi toleransi. Banyaknya suku dan budaya serta berbagai macam latar belakang dari tiap masyarakat jangan sampai menjadi faktor untuk tidak harmonis,” ujar Listiyono, yang juga Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Minggu (5/3/2023).

Kegiatan ini berbeda seperti biasanya. Listiyono, yang kerap disapa Tyo, mengundang mahasiswa sebagai peserta Sosbang.

Sebab, menurutnya, mahasiswa memiliki idealis yang tinggi. Dengan begitu, mahasiswa diharapkan dapat meneruskan pemahaman tentang wawasan kebangsaan  kepada lingkungan sekitarnya.

“Mahasiswa yang paham tentang wawasan kebangsaan bisa menjadi teladan. Maka dari itu penting ilmu ini kita berikan kepada mahasiswa,” tekannya.

Namun, sambung Tyo, sosialisasi ini tidak hanya kepada mahasiswa. Pada Sosbang selanjutnya ia akan mengundang seluruh elemen masyarakat agar dapat menyebarluaskan wawasan kebangsaan ini secara merata.

“Nantinya kita juga akan ajak masyarakat secara umum seperti biasanya, tapi yang jelas target kita bahwa ilmu ini harus tersebar ke seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK