Home » Daerah » Samarinda » Program Penanganan Jalan dan Jembatan pada Tahun 2023 Difokuskan di Kutim dan Berau

Program Penanganan Jalan dan Jembatan pada Tahun 2023 Difokuskan di Kutim dan Berau

Kamis,16 Maret 2023 07:36WIB

Bagikan : Array
Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID  – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kaltim Veridiana Huraq Wang menegaskan bahwa program penanganan jalan dan jembatan difokuskan pada wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Berau.

Hal itu disampaikannya saat rapat koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-PERA), Minggu (12/3/2023).

Ada sekitar Rp 600 miliar yang akan digelontorkan untuk penanganan jalan dan jembatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim 2023.

Veridiana menyebutkan bahwa beberapa waktu lalu, Dinas PUPR-PERA Kaltim sudah membeberkan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2023. Segmen jalan itu juga dinilai cukup parah dan memerlukan penanganan.

Salah satu kegiatan penanganan jalan dan jembatan itu adalah pembangunan Jembatan Nibung yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara Kaubun Kabupaten Kutim menuju Talisayan Kabupaten Berau.

“Anggaran untuk Jembatan Nibung kurang lebih sebesar Rp 56 miliar. Ini akan dikejar dalam waktu dekat,” jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa masih banyak ruas jalan yang memerlukan perhatian Pemprov Kaltim. Namun, ada beberapa skala prioritas yang sudah ditetapkan oleh Dinas PUPR-PERA Kaltim.

Antara lain ada jalan yang masih non status, kemudian ada pengalihan dari status provinsi menjadi kewenangan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga segmen jalan yang dikerjakan pada 2023 lebih terfokus ke wilayah utara Kaltim.

“Kami juga minta pemerataan. Hanya saja terkendala dengan status, seperti PPU sudah banyak yang diambil oleh kewenangan IKN. Sedangkan di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu belum ada jalan provinsi, yang ada hanya jalan non status,” jelasnya. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK