Home » Pendidikan » Kampus » BI dan 6 Universitas di Kaltim Jalin Kerja Sama Beasiswa

BI dan 6 Universitas di Kaltim Jalin Kerja Sama Beasiswa

Minggu,18 Februari 2024 06:38WIB

Bagikan : Array
Kepala Perwakilan BI, Budi bersama sejumlah pimpinan universitas di Kaltim. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Bank Indonesia (BI) dan enam universitas di Kaltim menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang kerja sama beasiswa di Aula Bank Indonesia, Samarinda, Kamis (17/2/2024).

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Kepala Perwakilan BI, Budi Widihartanto, mengatakan bahwa program beasiswa ini merupakan bagian dari komitmen BI untuk mendukung pertumbuhan dan kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Melalui program ini, kami berharap dapat menghasilkan generasi yang berkualitas, berkarakter, dan unggul, serta mampu menjadi pemikir dan pemimpin terbaik dalam membangun NKRI,” ujarnya.

Adapun enam universitas yang terlibat dalam kerja sama ini adalah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Universitas Kutai Kartanegara, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Universitas Mulawarman, dan Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Budi berharap, masing-masing kampus dapat mengedukasi dan mensosialisasikan program beasiswa BI secara masif, serta melakukan seleksi untuk mencari bibit-bibit unggul menjadi pemimpin masa depan.

Ia juga mengungkapkan, BI telah memberikan bantuan beasiswa senilai 21,9 miliar rupiah kepada lebih dari 1.800 mahasiswa dan 60 siswa hingga tahun 2023.

Selain beasiswa, BI juga memberikan edukasi dan pelatihan melalui berbagai program, seperti Leadership Camp, Edukasi Kebanksentralan, ToT Pelatihan Pendamping Halal, Cinta Bangga Paham Rupiah, hingga penulisan artikel media massa.

Semua program tersebut akan terakomodir dalam organisasi binaan BI untuk mahasiswa penerima beasiswa, yaitu Generasi Baru Indonesia (GenBI).

“GenBI adalah komunitas yang berperan sebagai agen perubahan dan pemimpin masa depan, yang mampu menggagas berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik, menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata untuk pembangunan bangsa, peduli dan berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat, serta berbagai inspirasi dan motivasi untuk menjadi energi bagi negeri,” pungkas Budi. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK