Home » Pendidikan » Kampus » Pekan Kolaborasi Seni Musik Kontemporer Garapan Fisipol Meriahkan Dies Natalis Unikarta

Pekan Kolaborasi Seni Musik Kontemporer Garapan Fisipol Meriahkan Dies Natalis Unikarta

Senin,27 Mei 2024 01:04WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) mengadakan Pekan Kolaborasi Seni Musik Kontemporer di Taman Titik Nol Tenggarong, Sabtu (25/5/2024) Malam.

Kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan Dies Natalis Unikarta ke-40 tahun ini berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

Agus Syarifudin, Pamong Budaya Ahli Muda Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, yang mewakili Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor, mengapresiasi inisiatif mahasiswa Fisipol Unikarta dalam kegiatan ini.

“Kami berterima kasih atas inisiatif luar biasa dari teman-teman BEM Fisipol Unikarta yang mengadakan kegiatan ini,” ujar Agus dalam sambutannya.

Kegiatan ini dinilai memberikan ruang bagi komunitas seni di Tenggarong, termasuk seni musik dan tari, serta mempromosikan Taman Titik Nol Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura sebagai kawasan budaya.

“Taman Titik Nol ini sudah kami rekomendasikan kepada Bupati Kukar sebagai kawasan budaya,” tambah Agus.

Agus juga mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya lokal di tengah perkembangan zaman dan menekankan pentingnya menggunakan bahasa Kutai sebagai identitas bersama.

“Budaya di Kukar harus kita lestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman, terutama karena kita berada di wilayah IKN,” katanya.

Ketua Panitia Ummi Fathimah Azzahra menyebutkan tujuan acara ini adalah untuk mewadahi talenta muda berbakat di Kutai Kartanegara dan mendorong mereka untuk berani tampil.

Selain penampilan tari dan musik, acara ini juga mengadakan talk show dengan narasumber seperti Agus Syarifudin, Plt Kekraf Kukar Akbar Haka, dan seniman Boyonesia.

“Kegiatan ini sengaja diadakan di luar kampus agar masyarakat bisa terlibat dan mengetahui keberadaan Unikarta sebagai kampus di Tenggarong,” jelas Ummi.

Acara ini didukung oleh Disdikbud Kukar, Dispora Kukar, Dinas Pariwisata Kukar, dan brand lokal bwk.store.

Penampilan tari dari perwakilan Fisipol Unikarta, Siktra Smakensa SMKN 1 Tenggarong, serta Band Sensi Million sebagai bintang tamu turut memeriahkan acara ini. (ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK