Home » Pendidikan » Kampus » Unikarta Beri Dampak Positif Lewat KKN

Unikarta Beri Dampak Positif Lewat KKN

Sabtu,20 Januari 2024 07:18WIB

Bagikan : Array
Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden (Istimewa).

SINTESANEWS.ID – Unikarta kembali menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). KKN ini bertujuan untuk menerapkan ilmu yang didapat mahasiswa di kampus dan memberi dampak positif bagi masyarakat.

Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden mengatakan bahwa tema KKN kali ini adalah terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Gerakan Etam Mengaji (GEMA). Kedua tema ini sesuai dengan program pemerintah dan visi Unikarta.

“Kita ingin melihat data-data kemiskinan yang ada di desa itu, dan juga mengajak masyarakat untuk mengaji bersama-sama,” ujar Ince di Ruangan Rektorat Unikarta, Jum’at (19/1/2024).

Ince menambahkan bahwa KKN yang dimulai sejak November lalu dan akan berakhir pada 27 Januari 2024 ini mendapat sambutan baik dari Pemerintah Desa dan masyarakat setempat. Salah satu contoh adalah desa Jonggon Kampung yang mayoritas penduduknya adalah mualaf.

“Mereka sangat senang dengan adanya mahasiswa Unikarta yang mengajar mereka mengaji, baik anak-anak maupun orang tua,” kata Ince.

Ince juga mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara Unikarta dan Pemerintah Desa. Ia mengatakan bahwa sebagian besar kegiatan KKN difasilitasi oleh Pemerintah Desa tanpa meminta bayaran.

“Alhamdulillah, mereka sangat mendukung program KKN kita,” puji Ince.

Untuk meningkatkan kualitas KKN di masa depan, Ince berencana untuk memperpanjang durasi KKN menjadi 6 bulan. Ia berharap dengan begitu, mahasiswa bisa mendapatkan lebih banyak SKS dan pengalaman.

“Kalau cuma 45 hari terlalu singkat, kita maksimalkan minimal 20 SKS selama 6 bulan dan itu saya rasa baik,” tutur Ince.

Ince berharap KKN ke depannya bisa lebih meningkatkan kolaborasi dengan pihak terkait dan memberi manfaat bagi masyarakat.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK