Home » Politik » Nasional » Presiden Jokowi Jawab Aspirasi Kepala Desa soal Keterlambatan Gaji dan Honor

Presiden Jokowi Jawab Aspirasi Kepala Desa soal Keterlambatan Gaji dan Honor

Kamis,31 Maret 2022 11:22WIB

Bagikan :
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). (Istimewa)

Jakarta, sintesanews.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka secara langsung Silaturahmi Nasional (Silatnas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Selasa (29/3/2022).

Acara yang diselenggarakan di Istora Senayan itu dihadiri ribuan kepala desa di seluruh Indonesia dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APDESI, Surta Wijaya, sempat menyampaikan aspirasinya kepada Jokowi tentang keterlambatan gaji yang diterima oleh para kepala desa.

“Gaji kita harapannya sebulan (sekali) dikeluarkan. Honor pegawai negeri setiap bulan dikeluarkan. Kita tiga bulan belum ke luar,” kata Surta di hadapan Jokowi.

Jokowi yang mendengar secara langsung aspirasi tersebut kemudian menginstruksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar menyelesaikan masalah. “Pak Mendagri setiap bulan (gaji),” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengapresiasi peran para kepala desa dalam penanganan Covid-19 di tingkat desa, dari angka 64.700 kasus turun menjadi 2700 kasus.

“Berkat kerja keras bapak ibu semuanya, telah memberi tahu masyarakat dalam menganjurkan untuk vaksinasi, memakai masker, menjaga jarak, untuk cuci tangan, peran bapak ibu sekalianlah yang tidak ada di negara-negara lain,” sebutnya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan agar para kepala desa berhati-hati dalam mengelola dana desa. Pasalnya, dalam sejarah Indonesia, ini merupakan dana terbesar yang turun ke desa, yang nilainya sebanyak Rp 468 triliun. “Hati-hati dalam mengelola, me-manage duit yang sangat besar sekali,” harapnya. (*)

Penulis: Halimatu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK