Home » Politik » Nasional » Tahun Ini Jadi Momentum Pengembangan Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Tahun Ini Jadi Momentum Pengembangan Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Rabu,16 Maret 2022 10:43WIB

Bagikan :
Presiden Jokowi tengah mengecek baterai untuk mobil listrik. (Istimewa)

Jakarta, sintesanews.id – Presiden Jokowi mengatakan tahun ini akan menjadi momen penting bagi Indonesia dalam pengembangan baterai litium untuk kendaraan listrik. Pasalnya, tahun ini pengembangan itu akan dimulai.

“Investor siap memulai konstruksi, siap mengolah nikel dan kobalt kita menjadi bahan material litium baterai,” kata Jokowi dalam peresmian pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan meluncurkan mobil listrik IONIC 5 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Dia berharap pengembangan dan hilirisasi bahan mineral ini bisa terus ditingkatkan supaya bisa terus memberi nilai tambah bagi ekonomi dalam negeri.

Jokowi menargetkan, pada 2024 nanti seluruh komponen mobil listrik bisa diproduksi di Indonesia.

Setelah pengembangan itu berhasil, dia ingin transisi besar-besaran penggunaan mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan segera dilakukan.

Menurut Jokowi, ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di tanah air.

Juga menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan, termasuk untuk Ibu Kota Negara Nusantara.

Dia menyambut baik langkah Hyundai meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIC 5. Tipe ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia untuk memenuhi pasar dalam negeri dan pasar ekspor.

“Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIC 5 ini menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati,” kata Jokowi. (cnnindonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK