Home » Daerah » Samarinda » Ketua DPRD Kaltim Soroti Pelantikan Pimpinan Tinggi Madya Badan Otorita IKN Nusantara

Ketua DPRD Kaltim Soroti Pelantikan Pimpinan Tinggi Madya Badan Otorita IKN Nusantara

Jumat,21 Oktober 2022 02:32WIB

Bagikan :
Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud menyoroti pelantikan pejabat Pimpinan Tinggi Madya Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Politisi Golkar ini berharap bahwa Deputi Otorita tersebut didominasi oleh putra Kaltim.

Ia menilai lima pejabat yang dilantik oleh Kepala Badan Otorita IKN Nusantara belum menampung aspirasi masyarakat Kaltim. “Sebab, hanya satu pejabat yang diisi berasal dari tanah Borneo yakni Myrna Asmawati Safitri yang duduk sebagai Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam,” jelasnya, Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, hal itu dinilai tidak berbanding lurus dengan janji yang tertuang dalam ketentuan di mana salah satu bunyinya akan mengambil dua warga asal Kaltim.

“Ketentuan itu berbunyi akan memprioritaskan putra putri Kaltim pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2022 tentang Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Paling sedikit dua orang Deputi diutamakan dari unsur masyarakat lokal,” bebernya.

Diketahui, pengangkatan lima pejabat yang dilantik tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 123/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara. Keputusan ini diterbitkan pada 6 Oktober 2022 dan diteken oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Keputusan itu ditindaklanjuti dengan pelaksanaan pelantikan yang berlangsung di Aula Serbaguna Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta pada Kamis (13/10/2022) lalu,” tambahnya.

Meski begitu, ia mengakui pihaknya sangat mendukung pelantikan tersebut. Dia hanya menyoroti janji pemerintah pusat yang belum terlaksana.

“Kita hanya melihat dan mengikuti berdasarkan peraturan yang telah dibuat. Apakah telah sesuai apa belum,” ungkapnya.

Diketahui, pejabat-pejabat yang dilantik Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono tersebut adalah Achmad Jaka Santos Adiwijaya (Sekretaris) dan Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi (Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan).

Selain itu, Muhammed Ali Berawi (Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital), Myrna Asnawati Safitri (Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam), dan Ida Bagus Nyoman Wiswantanu (Kepala Unit Hukum dan Kepatuhan). (adv/pc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK