Home » Daerah » Bupati Kukar Apresiasi Kesenian Tradisional Kuda Lumping

Bupati Kukar Apresiasi Kesenian Tradisional Kuda Lumping

Selasa,5 Maret 2024 06:38WIB

Bagikan : Array
Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah. (Istimewa

SINTESANEWS.ID – Kesenian tradisional Kuda Lumping mendapat apresiasi dari Bupati Kukar, Edi Damansyah. Ia hadir dan membuka pertunjukan Kuda Lumping yang digelar di Sasana Krida Bhakti Kelurahan Maluhu, Tenggarong, Senin (4/3/2024).

Edi mengatakan, kesenian Kuda Lumping merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

Ia mengapresiasi antusiasme masyarakat Maluhu yang peduli dan bersemangat terhadap kesenian tradisional ini.

“Kesenian Kuda Lumping ini menunjukkan keberagaman dan kekayaan budaya bangsa kita. Saya berharap, kesenian ini bisa terus dipertahankan dan diperkenalkan kepada generasi muda,” kata Edi.

Selain itu, Edi juga mengajak masyarakat untuk mendukung para pelaku UMKM yang berjualan di sekitar lokasi acara.

Ia berpesan agar masyarakat membeli produk-produk lokal yang berkualitas dan bermanfaat.

“UMKM ini adalah tulang punggung perekonomian kita. Mari kita lariskan pedagang yang ada di sini, silakan beli dagangannya ya,” ujar Edi.

Acara pertunjukan Kuda Lumping ini juga merupakan bagian dari rangkaian syukuran warga Maluhu. Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, mengatakan bahwa acara ini diadakan sebagai ungkapan rasa syukur atas damainya Maluhu dan keluarnya sertifikat tanah warga.

“Alhamdulillah, warga Maluhu sudah mendapatkan sertifikat tanah dari program PTSL yang dilaksanakan oleh Pemkab Kukar bekerja sama dengan ATR/BPN. Ini adalah salah satu bentuk pelayanan publik yang kami berikan kepada masyarakat,” tutur Tri Joko.

Sebelumnya, Edi juga telah menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Maluhu secara simbolis. Ia berharap, sertifikat tanah ini bisa memberikan kepastian hukum dan perlindungan bagi warga.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kukar, Sekda Kukar, para Asisten, Kepala OPD Pemkab Kukar, Kepala ATR/BPN Kukar, Komisioner KPU dan BAWASLU Kukar, Camat dan Forkopimcam Tenggarong, Pengurus IKA PAKARTI Kukar, serta warga Maluhu.

Di akhir acara, Edi juga menerima berbagai hasil bumi dari warga Maluhu, baik dari sektor pertanian maupun peternakan. Ia mengapresiasi kreativitas dan produktivitas warga Maluhu yang mampu menghasilkan berbagai komoditas unggulan. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK