Home » Daerah » Jadi Narasumber dalam Seminar HIPMI Menyapa di Unikarta, Andi Wijaya: Kunci Kesuksesan Pengusaha Bukan Hanya Modal

Jadi Narasumber dalam Seminar HIPMI Menyapa di Unikarta, Andi Wijaya: Kunci Kesuksesan Pengusaha Bukan Hanya Modal

Selasa,7 Mei 2024 05:17WIB

Bagikan : Array
Seminar HIPMI Menyapa di Unikarta. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Sekretaris BPD HIPMI Kaltim, Andi Adi Wijaya berkesempatan menjadi narasumber untuk menggebrak semangat mahasiswa dalam acara yang bertajuk “HIPMI Menyapa” di Unikarta, Senin (6/5/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari road map Musyawarah Daerah HIPMI Kaltim yang bekerja sama dengan Unikarta. Menunjukkan komitmen HIPMI dalam membangun semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Di hadapan ratusan calon pengusaha muda tersebut, AW sapaan akrabnya menyampaikan bahwa kunci sukses menjadi pengusaha, adalah jaringan.

Kata dia, jaringan pertemanan merupakan aset yang tak ternilai dalam membangun sebuah usaha.

“Modal bukanlah penentu utama kesuksesan sebagai pengusaha, melainkan jaringan pertemanan,” ungkapnya.

Rektor Unikarta, Ince Raden beserta para mahasiswa dan sejumlah petinggi HIPMI di Kaltim. 

Ia mencontohkan, tak semua anggota HIPMI memiliki usaha, namun karena memahami pentingnya jaringan pertemanan, mereka memperluas lingkaran pertemanan terlebih dahulu.

“Ketika mereka sudah menentukan usaha yang ingin digeluti, baru mereka memanfaatkan jaringan pertemanan untuk mendapatkan modal,” tambah AW.

Dalam konteks Indonesia, kata dia, jumlah pengusaha masih berkisaran pada angka 3,47 persen dari total populasi 279 juta jiwa.

Angka ini menurut AW masih tergolong kecil alias jauh dari standar negara maju, yang minimal memiliki delapan sampai 12 persen pengusaha.

“Maka dari itu, saya berharap agar teman-teman mau mempertimbangkan untuk menjadi pengusaha, karena selain mendapatkan keuntungan finansial, juga ada banyak manfaat yang bisa diperoleh,” ajak AW mengakhiri. (aa)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK