Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Dispora Kukar Ajak Pecinta Burung Berkicau Manfaatkan Gantangan Ketinjau

Dispora Kukar Ajak Pecinta Burung Berkicau Manfaatkan Gantangan Ketinjau

Selasa,26 Desember 2023 10:47WIB

Bagikan : Array
Gantangan yang Digunakan dalam Lomba Burung Berkicau (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Gantangan Ketinjau yang berlokasi di Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong, resmi dibuka pada Minggu (24/12/2023). Tempat ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk memfasilitasi kegiatan komunitas pecinta burung berkicau.

Kepala Dispora Kukar, Ali Husni, mengatakan bahwa gantangan ini baru saja selesai dibangun dan pertama kali digunakan untuk Lomba Kicau Burung Bupati Cup 2023 yang juga perdana digelar di Kukar. Ia berharap gantangan ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik oleh para pecinta burung.

“Kami ingin kegiatan dan tempat ini yang kami bangun dapat memfasilitasi para pecinta burung untuk berlomba dan berkegiatan,” kata Ali dalam sambutannya.

Ali menambahkan bahwa pengelolaan gantangan ini akan diserahkan kepada Komunitas Kicau Mania Pemuda Kukar yang juga sebagai pelaksana lomba. Ia mengimbau agar komunitas tersebut dapat berkoordinasi dengan pihak Dispora dalam mengurus gantangan ini.

“Kalau ada even atau latihan kami buka secara gratis di sini, kemudian untuk hal-hal yang lain nanti koordinasikan dengan kawan-kawan di komunitas dan pemuda Kicau Kukar,” ujarnya.

Ali juga menyampaikan bahwa gantangan ini dibangun sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam rangka memfasilitasi masyarakat Kukar baik dalam seni maupun olahraga. Ia berharap gantangan ini dapat menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk berlatih maupun berlomba.

Ali juga menyayangkan masih banyak turnamen kicau burung yang digelar di luar Kukar sementara Pemkab telah menyediakan tempat yang baik untuk turnamen itu. Ia mengajak para pecinta burung untuk memanfaatkan fasilitas ini untuk melangsungkan kegiatan baik untuk latihan maupun untuk lomba.

Ali juga mengungkapkan bahwa gantangan ini belum diserahkan oleh Pemkab Kukar kepada Dispora namun karena digelar lomba ini maka gantangan dipakai sebagai tempat pertandingan.

“Kami pinjam dulu tempat ini untuk digunakan tapi setelah diresmikan InsyaAllah bisa digunakan dengan baik,” pungkasnya.(In)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK