Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Desa Pela, Destinasi Wisata Andalan Kukar

Desa Pela, Destinasi Wisata Andalan Kukar

Minggu,18 Februari 2024 04:52WIB

Bagikan : Array
Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triatma. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Desa Pela, Kecamatan Muara Wis, Kukar menjadi salah satu destinasi wisata andalan.

Desa yang berada di tepi Sungai Mahakam ini menawarkan berbagai pesona alam dan budaya yang menarik.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar terus berupaya untuk mempromosikan Desa Pela ke khalayak ramai. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng youtuber untuk membuat konten tentang desa wisata ini.

“Kita dari Dinas Pariwisata itu mempromosikan melalui youtuber, jadi kita bawa youtuber ke sana bantu promosikan kalau di Pela itu potensinya cukup baik untuk destinasi wisata,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triatma saat ditemui di ruangannya pada Jum’at (16/2/2024).

Selain itu, Dispar Kukar juga memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kenyamanan dan keseruan para pengunjung. Misalnya, dengan menyediakan banana boat sebagai salah satu wahana bermain di sana.

“Kami selalu berkoordinasi dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Pela yang merupakan mitra kami dalam pengembangan wisata di desa Pela,” jelas Triatma.

Desa Pela juga mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan sistem pembayaran non tunai menggunakan barcode. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan transaksi antara pelaku usaha dan wisatawan.

“Jadi arahnya kan memang saat ini sekarang itu apa-apa non tunai pembayarannya, oleh karena itu Desa Pela yang merupakan desa wisata hal ini tentunya sangat membantu,” ucapnya.

Prestasi Desa Pela dalam bidang pariwisata juga tidak bisa dianggap remeh. Pada tahun 2022, desa ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno, sempat berkunjung karena tertarik dengan wisata yang ada di sana.

Triatma mengatakan bahwa Pokdarwis Desa Pela tidak berhenti berinovasi untuk mengembangkan wisata di sana. Salah satu inovasinya adalah dengan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa.

“Desa Pela merupakan desa percontohan untuk desa-desa lainnya di Kukar setelah mendapatkan anugerah desa wisata terbaik. Ini merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi para pihak terkait untuk pengembangan desa wisata Pela,” pungkasnya. (ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK