Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Pramuka Kukar Aktif Jadi Relawan selama Pandemi Covid-19

Pramuka Kukar Aktif Jadi Relawan selama Pandemi Covid-19

Jumat,18 Februari 2022 04:42WIB

Bagikan :

Tenggarong, sintesanews.id – Kepala Bidang Kewirausahaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Aji Ali Husni menyampaikan bahwa selama pandemi Covid-19, kegiatan Pramuka di daerah ini tetap berjalan.

Pramuka merupakan organisasi pendidikan non-formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Di Kukar, pramuka juga sangat aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan, terlibat dalam pemadaman kebakaran, hingga penanganan banjir.

Selama pandemi, selain tetap melaksanakan pelatihan-palatihan di sekolah, Pramuka Kukar juga aktif menjadi relawan penanganan Covid-19 bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). “Kita terlibat langsung dalam relawan. Jadi Pramuka Peduli,” sebutnya, Kamis (17/2/2022).

Dalam agenda Pramuka Peduli, Pramuka Kukar juga ikut melakukan penyemprotan disinfektan, sosialisasi penerapan protokol kesehatan, dan pembagian masker di masyarakat.

Ali, sapaan akrabnya, melanjutkan, Pramuka Kukar sudah beberapa kali menorehkan prestasi, yaitu terbaik kedua di Kalimantan Timur (Kaltim). “Untuk program Pramuka Peduli terbaik pertama di Kaltim dan terbaik unggul lima tahunan di Kaltim,” pungkasnya.

Pramuka Kukar tahun ini akan melaksanakan kegiatan zambore nasional dan perkemahan antar-saka nasional.

Diketahui, Kwartir Cabang (Kwarcab) merupakan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka di tingkat kota/kabupaten yang dibina langsung oleh Dispora. Sedangkan Gugus Depan (Gudep) berkedudukan di sekolah-sekolah. Di bawah binaan Dinas Pendidikan. (*)

Penulis: Halimatu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3474362364620514386-min

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK