Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Pelestarian Budaya Kutai: Disdikbud Kukar bakal Terapkan Program Wajib Pakaian Adat dan Bahasa Daerah

Pelestarian Budaya Kutai: Disdikbud Kukar bakal Terapkan Program Wajib Pakaian Adat dan Bahasa Daerah

Minggu,5 Mei 2024 11:16WIB

Bagikan : Array
Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor. (Sintesa News)

SINTESANEWS.ID – Dalam upaya pelestarian budaya yang kian tergerus oleh arus modernisasi, Disdikbud Kukar mengambil langkah strategis dengan meluncurkan program penggunaan pakaian adat dan bahasa Kutai di lingkungan sekolah.

Program inovatif ini tidak hanya akan memperkaya pengetahuan siswa tentang warisan budaya lokal, tetapi juga akan memperkuat identitas budaya Kutai di tengah masyarakat.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Afrilian Noor, mengungkapkan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mendorong pelestarian budaya Kutai.

“Kami berkomitmen untuk memperkenalkan generasi muda pada kekayaan budaya kita. Dengan kerja sama bapak Bupati, kami akan mengintegrasikan pakaian adat Kutai, seperti baju Cina, ke dalam kehidupan sehari-hari siswa,” ujar Thauhid, Sabtu (4/5/2024).

Lebih lanjut, Thauhid menambahkan bahwa setiap hari Kamis akan dijadikan sebagai Hari Bahasa Kutai.

Seluruh aktivitas komunikasi di sekolah, termasuk rapat dan pertemuan, akan menggunakan bahasa daerah tersebut.

Langkah ini diharapkan dapat memaksimalkan dampak program terhadap pelestarian bahasa dan budaya Kutai.

Inisiatif ini datang karena Kukar merupakan bagian dari wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru, yang berpotensi besar mengalami perubahan sosial dan budaya yang signifikan.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi budaya Kutai sebagai ciri khas daerah kita di mata dunia,” tambah Thauhid.

Dengan dukungan pemerintah dan pihak terkait, Thauhid berharap program ini akan berjalan lancar dan menjadi langkah konkret dalam melestarikan budaya Kutai yang merupakan warisan nenek moyang yang tak ternilai.

“Dengan adanya penguatan ini, baik dalam aspek bahasa, budaya, pakaian adat, maupun seni, kita dapat memastikan bahwa kekayaan budaya Kutai tidak akan tenggelam di tengah pembangunan IKN,” pungkas Thauhid. (Ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK