Home » Daerah » Kutai Kartanegara » Pemkab Komitmen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kukar

Pemkab Komitmen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kukar

Senin,18 Desember 2023 03:35WIB

Bagikan : Array
Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kukar, Didi Ramyadi (Sintesa News/In).

SINTESANEWS.ID – Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kukar, Didi Ramyadi yang mewakili Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan sambutan dalam acara promosi Penggunaan Produk dalam Negeri “Bena dan Beli Produk Kutai Kartanegara Inovatif Daya Saing Mandiri” dan Sosialisasi E-Katalog kepada UMKM.

Acara ini diselenggarakan di Halaman Parkir Taman Creative Park Tenggarong pada Minggu (17/12/2023).

Didi menyampaikan bahwa Kukar memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah seperti di Bidang Pertambangan, Pertanian, Perikanan, Industri Pengolahan, jasa, dan Perdagangan yang tumbuh cukup baik.

Namun angka kemiskinan di Kukar masih belum menurun secara signifikan.

Hal ini menjadi perhatian Pemkab Kukar untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif dan berkelanjutan.

Salah satu sektor yang diharapkan terus berkembang menjadi penyangga perekonomian daerah adalah pada Kelompok usaha mikro dan kecil.

“Hal ini karena sektor UMKM merupakan sektor yang menyerap banyak tenaga kerja dan memiliki daya tahan kuat terhadap tekanan krisis,” Kata Didi.

Didi mengatakan ada beberapa kendala yang menghambat perkembangan UMKM, salah satunya adalah akses permodalan dan pemasaran.

Untuk itu Pemkab Kukar melalui program dedikasi Kukar Idaman dan aspek permodalan telah meluncurkan program Kredit Kukar Idaman.

Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah permodalan bagi pelaku UMKM dengan persyaratan ringan dan tidak membebani masyarakat.

Selain itu, aspek pemasaran, Pemkab telah meluncurkan program yang mendorong seluruh masyarakat Kukar untuk mengutamakan produk lokal serta memperluas pasar dengan menggunakan pasar elektronik ( E-Market).

“Atas dasar tersebut, kita bersama-sama antara masyarakat dan pemerintah Kukar membuktikan bahwa komitmen dan konsistensi kebijakan pemerintah tetap terjaga dan berjalan dengan baik,” tutupnya.

Penulis : Indirwan

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK