Home » Daerah » Samarinda » 90 Persen Perekonomian Kaltim Didominasi Sektor UMKM, Ely Hartadi: Bisa Gantikan Sektor SDA

90 Persen Perekonomian Kaltim Didominasi Sektor UMKM, Ely Hartadi: Bisa Gantikan Sektor SDA

Kamis,9 Februari 2023 08:54WIB

Bagikan :
Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim, Ely Hartadi Rasyid. (Istimewa)

SINTESANEWS.ID – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kaltim Ely Hartadi Rasyid menilai perekonomian Kaltim didominasi oleh Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibandingkan sektor usaha yang bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA).

Ely mengatakan bahwa 90 persen perekonomian di Kaltim didominasi oleh UMKM dan 10 persen lainnya dari dunia usaha dan investasi.

“UMKM berpotensi menjadi sektor unggul yang akan meningkatkan ekonomi dan mengganti investasi dari SDA. Bahkan saat krisis, UMKM menunjukkan kuasanya,” jelasnya, Selasa (7/2/2023).

Karena berpotensi mendongkrak perekonomian di Kaltim, Legislator Kaltim ini meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mengembangkan sektor UMKM. “UMKM harus dilindungi; harus dijaga,” paparnya.

Menurutnya, sektor UMKM bisa terus dikembangkan dan dapat menjadi pijakan serta sandaran dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian, sehingga Indonesia tidak lagi bergantung pada sektor sumber daya alam yang dampak lingkungannya juga sangat besar bagi masyarakat.

Ia mengungkapkan jika UMKM kita kuat, maka produk yang digunakan sehari-hari serta dikonsumsi masyarakat bisa diperoleh dengan mudah.

“Kita akan mandiri secara ekonomi dan tidak bergantung pada bahan impor dan bahan produk luar,” pungkasnya. (adv)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

3433823

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK