Home » Politik » KPU: Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilkada Kukar Dinyatakan Memenuhi Syarat

KPU: Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilkada Kukar Dinyatakan Memenuhi Syarat

Selasa,3 September 2024 07:03WIB

Bagikan : Array

SINTESANEWS.ID – Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) telah selesai dengan hasil yang baik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar, Rudi Gunawan, menyerahkan hasil Rikkes tersebut kepada perwakilan ketiga Bapaslon di Hotel Grand Elty Tenggarong, Selasa (3/9/2024).

Acara penyerahan Rikkes ini turut dihadiri sejumlah komisioner Bawaslu Kukar.

“Alhamdulillah, hasil Rikkes ketiga Bapaslon memenuhi syarat. Kami akan menyerahkan secara langsung kepada perwakilan mereka,” kata Rudi.

Penyerahan hasil Rikkes ini dilakukan sesuai urutan pendaftaran Bapaslon, yakni AYL-AZA, Edi-Rendi, dan DEAL. Pemeriksaan kesehatan ini berlangsung sejak 29 Agustus hingga 2 September 2024.

Ketua Divisi Penyelenggaraan KPU Kukar, Muhammad Rahman, menegaskan bahwa hasil medis merupakan dokumen rahasia yang hanya diketahui oleh tim dokter.

“Berkenaan dengan resume medisnya, perlu kami sampaikan bahwa itu merupakan rahasia bagi tim dokter,” jelas Rahman.

Rahman juga menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan adalah tahap wajib yang harus diikuti oleh setiap Bapaslon sesuai dengan Peraturan KPU No. 8 Pasal 14.

Ia mengapresiasi kinerja tim Rikkes yang dinilai profesional dan bertanggung jawab. “Setiap Bapaslon kami tanya satu per satu terkait dengan pelaksanaan tim Rikkes, dan respon mereka positif,” sambungnya.

Hasil Rikkes ini akan menjadi bagian dari persyaratan administrasi yang akan diteliti dan diumumkan pada tanggal 5-6 September 2024.

“Tanggal 5 dan 6 itu pengumuman hasil penelitian administrasi Bapaslon, dan tanggal 6 hingga 8 adalah masa perbaikan,” tuturnya.

Rahman berharap seluruh rangkaian tahapan Pilkada serentak dapat berjalan lancar, aman, dan damai hingga pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kukar. (Adv/ir/ar)

6085768219885996691-min

TOPIK TERKAIT

BERITA UTAMA

REKOMENDASI

cb69ca3e-61d6-4002-8894-a924a9d8e08a

TEKNOLOGI

TERPOPULER

HIBURAN

bannera

POLITIK